Breaking News

Chaos! Aksi Protes Rakyat China Makin Menakutkan: 'Ada Pasukan Asing'


Ratusan polisi di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang timur, China menduduki lapangan besar pada Senin (28/11/2022) malam untuk mencegah orang berkumpul.

Aksi itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial tapi tidak dapat diverifikasi Reuters secara independen.

Satu video menunjukkan polisi, dikelilingi oleh sekelompok kecil orang yang memegang smartphone, melakukan penangkapan sementara yang lain berusaha menarik kembali orang yang ditahan.

Polisi Hangzhou tidak segera berkomentar.

Di Shanghai dan Beijing, polisi berpatroli di daerah tempat beberapa grup di layanan pesan Telegram menyarankan orang untuk berkumpul lagi. Kehadiran polisi pada Senin malam memastikan tidak ada pertemuan yang terjadi.

"Benar-benar menakutkan," kata warga Beijing Philip Qin, 22, merujuk pada banyaknya polisi di jalanan.

Penduduk mengatakan polisi telah meminta telepon kepada orang-orang yang melewati daerah itu untuk memeriksa apakah mereka memiliki jaringan pribadi virtual (VPN) dan aplikasi Telegram, yang telah digunakan oleh pengunjuk rasa, kata penduduk. VPN ilegal bagi kebanyakan orang di China, sedangkan aplikasi Telegram diblokir dari internet China.

Beberapa pengunjuk rasa telah menggunakan aplikasi kencan untuk menghindari sensor dan pengawasan polisi.

Pemicu protes adalah kebakaran pekan lalu di kota barat Urumqi yang menurut pihak berwenang menewaskan 10 orang.

Beberapa pengguna internet mengatakan tindakan penguncian Covid menghambat upaya penyelamatan orang di gedung yang terbakar. Para pejabat telah membantahnya.

'Pasukan asing'

Blogger nasionalis terkemuka, seperti Ren Yi, cucu pemimpin Partai Komunis Ren Zhongyi, dan Yu Li, yang menggunakan nama pena Sima Nan, menulis bahwa protes tersebut dipicu oleh "pasukan asing".

"Apa tujuan mereka? Di satu sisi untuk mengintensifkan konflik internal. Di sisi lain, untuk melihat apakah mereka dapat sepenuhnya mempolitisasi masalah seputar pencegahan epidemi dan kebijakan kesehatan kita," tulis Ren di blognya.

Pihak berwenang secara teratur memperingatkan bahwa "pasukan asing" membahayakan keamanan nasional dan menuduh mereka mengobarkan protes demokrasi 2019 di Hong Kong.

Para pejabat mengatakan kebijakan Covid telah mempertahankan ribuan kematian, menghindari jutaan kematian di tempat lain.

Banyak analis mengatakan pelonggaran kebijakan sebelum meningkatkan tingkat vaksinasi dapat menyebabkan penyakit dan kematian yang meluas, membuat rumah sakit kewalahan.

Dalam tajuk rencana yang tidak menyebutkan protes, People's Daily, surat kabar resmi Partai, mendesak warga untuk "teguh menerapkan" kebijakan Covid.

"Semakin sulit, semakin Anda harus menggertakkan gigi," katanya.

Sumber: wartaekonomi
Foto: Aksi Protes Rakyat China/Reuters/Thomas Peter
Chaos! Aksi Protes Rakyat China Makin Menakutkan: 'Ada Pasukan Asing' Chaos! Aksi Protes Rakyat China Makin Menakutkan: 'Ada Pasukan Asing' Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar