Breaking News

Anggota Parlemen Korea Selatan 99% Yakin Kim Jong Un Meninggal


Seorang pembelot dari Korea Utara yang baru-baru ini menjadi anggota parlemen di Korea Selatan mengatakan bahwa dia 99 persen yakin Kim Jong Un telah meninggal. Ji Seong Ho yakin Pyongyang mungkin mengumumkan bahwa diktator itu meninggal akhir pekan ini, dan seorang pengganti telah dipilih, yang kemungkinan adalah Kim Yo Jong, saudara perempuan Kim Jong Un.

Di tengah klaim yang belum diverifikasi bahwa Kim meninggal, anggota parlemen itu mengatakan dia diberitahu bahwa Kim meninggal akhir pekan lalu setelah menjalani operasi kardiovaskular.

“Korea Utara telah menunda mengkonfirmasi kematian pemimpinnya dan mengumumkan masa berkabung karena bergulat dengan masalah suksesi yang rumit,” kata Ji Seong Ho, yang dilansir oleh laman mirror.co.uk.

Kim belum pernah terlihat di publik sejak 11 April, sekitar hampir tiga minggu lalu. Beberapa media melaporkan, dia menjalani operasi jantung pada hari berikutnya.

Gambar satelit menunjukkan kereta yang diparkir di stasiun kepemimpinan di resor pantai Wonsan selama lebih dari seminggu, menunjukkan bahwa Kim mungkin berada di kompleks mewahannya itu. Tetapi pengamat Korea Utara telah memperingatkan bahwa itu bisa menjadi taktik pengalihan.

“Aku diberi tahu bahwa Kim meninggal akhir pekan lalu.” Dia menambahkan, “Ini tidak 100 persen pasti, tetapi saya dapat mengatakan kemungkinannya adalah 99 persen. Korea Utara diyakini bergulat dengan masalah suksesi yang rumit.”

Ji mengatakan berita kematian Kim Jong Un akan diumumkan akhir pekan ini dan saudara perempuan Kim kemungkinan akan menggantikannya. Namun dia tidak mengungkapkan sumber informasinya.

Klaim tentang Kim atau aktivitas Korea Utara hampir tidak mungkin untuk diverifikasi karena kerahasiaan dan isolasi negara itu.

Kepresidenan Korea Selatan bersikeras bahwa mereka belum mendeteksi tanda-tanda tidak biasa di Korea Utara, di tengah spekulasi tentang kesehatan Kim dan ketidakhadirannya dari laporan media pemerintah.

Kepala intelijen Taiwan, Chiu Kuo-cheng, mengatakan kepada anggota parlemen di Taipei bahwa Kim sakit dan Korea Utara telah menyusun rencana darurat jika terjadi kekosongan kekuasaan.

Sementara, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan AS tidak melihat Kim dan tidak melihat laporan tentang kesehatannya. Dia menambahkan ada risiko nyata kelaparan di negara itu di tengah wabah virus corona.

Thae Yong Ho, mantan diplomat Korea Utara yang juga membelot ke Korea Selatan, di mana ia sekarang menjadi anggota parlemen, baru-baru ini mengatakan bahwa Kim memiliki masalah kesehatan.

Dia mengatakan kepada CNN, “Saya tidak yakin apakah dia benar-benar menjalani operasi atau apa pun, tetapi satu hal yang jelas, dia tidak bisa berdiri sendiri atau berjalan dengan benar.”

Dengan begitu banyak klaim yang sangat beragam tentang kesehatan Kim dan alasan ketidakhadirannya dari pandangan publik, satu-satunya hal yang pasti adalah tidak ada orang di luar Korea Utara yang benar-benar tahu apakah dia hidup atau mati. Para ahli mengatakan bahwa hanya segelintir orang yang dekat dengan Kim yang akan mengetahui kebenaran. 

Sumber : indonesiainside
Foto : People watch a TV screen showing a news program reporting about North Korean leader Kim Jong Un with a file image at the Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, Tuesday, April 21, 2020. The South Korean government is looking into unconfirmed reports saying North Korean leader Kim is in fragile condition after surgery. (AP Photo/Lee Jin-man)
Anggota Parlemen Korea Selatan 99% Yakin Kim Jong Un Meninggal Anggota Parlemen Korea Selatan 99% Yakin Kim Jong Un Meninggal Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar