Breaking News

Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai, KNPI Deliserdang Laporkan Abu Janda dan Prof Henuk


Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Delisrdang, Sumatera Utara (Sumut) mengadukan Guru Besar USU Prof Yusuf Leonard Henuk dan Abu Janda ke Polresta Deliserdang, Jumat (29/1/2021).

Laporan ini terkait dugaan rasisme kepada aktivis HAM, Natalius Pigai lewat akun Twitter.

Surat aduan KNPI itu beredar di grup jurnalis. Di dalam surat KNPI Deliserdang tertanggal 29 Januari 2021, laporan tersebut dituliskan berdasarkan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dengan nomor 0561/DPPKNPI1/2021 terhadap seluruh Ketua DPD KNPI Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan di seluruh Indonesia, maka kami dari DPD KNPI Deliserdang melaporkan Abu Janda dan akun Twitter Prof Yusuf L Henuk yang diduga telah berbuat rasis dan melakukan pencemaran nama baik di media sosial.

Surat itu juga dilengkapi dengan lampiran 6 lembar bukti Tweet dari dua akun Twiitter yakni @permadiaktivis1 dan @profYLH.

Sekertaris KNPI Deliserdang, Ronggur Raja Doly Simorangkir membenarkan aduan mereka ke Polres Deliserdang. Dijelaskannya hal itu terkait postingannya yang mengkaitkan kata evolusi yang diduga ditujukan ke Pigai, sedangkan terhadap Guru Besar USU, Yusuf, terkait postingannya yang menyandingkan foto monyet dengan Pigai.

“Menurut kami unggahan itu merupakan bentuk rasisme,” ujar Ronggur kepada wartawan.

Ronggur menegaskan hal ini menjadi ujian bagi Kapolri yang baru untuk menindak Abu Janda dan Yusuf yang dirasa telah meresahkan lewat cuitannya.

“Ini yang bagi Kapolri baru untuk menuntaskan persoalan rasisme yang berpotensi memecah belah kesatuan anak Bangsa. Begitu juga dengan Rektor USU yang baru dilantik, ini tantangan bagi beliau untuk menertibkan Guru Besar tersebut agar lebih hati-hati bermedia sosial, sehingga tidak membuat gaduh dan menjaga nama baik kampus,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, tidak menampik adanya aduan KNPI itu. “Iya, karena baru dilaporkan, kami lengkapi mindik dan undang saksi-saksi,” jelasnya. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Prof Yusuf Leonard Henuk dan Abu Janda/Net
Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai, KNPI Deliserdang Laporkan Abu Janda dan Prof Henuk Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai, KNPI Deliserdang Laporkan Abu Janda dan Prof Henuk Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar