Breaking News

Gerindra soal Relawan Jokpro 2024: Jabatan Presiden Maksimal 2 Periode


Sejumlah relawan Joko Widodo-Prabowo Subianto membentuk sekretariat nasional untuk mewujudkan JokPro 2024. Gerindra mengatakan sampai saat ini masa jabatan presiden masih maksimal 2 periode.

"Saya rasa apa yang disampaikan soal 3 periode ini juga masih tanda tanya karena kita tahu masa jabatan presiden adalah maksimal 2 periode," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (18/6/2024).

Dasco mengatakan, untuk mewujudkan perubahan 3 periode, masih banyak proses yang ditempuh, yakni amandemen UUD serta melihat gagasan itu di tengah eskalasi masyarakat.

"Sementara untuk 3 periode ini banyak hal mesti ditempuh terutama amandemen UUD dan juga kita harus menghitung eskalasi serta opini masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Waketum Gerindra Habiburokhman menyampaikan pembentukan Seknas JokPro itu merupakan hak politik setiap orang. Namun, menurutnya, Jokowi 3 periode sulit terwujud.

"Itu hak politik mereka untuk menyampaikan pendapat, kami tidak bisa mengintervensi. Sampai saat ini wacana Jokowi-Prabowo sebagai capres-cawapres sepertinya sulit terwujud karena terbentur regulasi, baik UUD 1945 maupun UU Pemilu," ujarnya.

Habiburokhman mengatakan semangat relawan itu bisa dijadikan sengat bersatunya basis informal antara pendukung Jokowi dan Prabowo di pemilu lalu. Dia mengatakan keduanya akan respek atas hal itu.

"Namun semangat kawan-kawan itu tetap bisa diakomodir dalam bentuk persatuan gagasan bergabungnya kedua basis massa secara informal mendukung Pak Prabowo 2024," ujarnya.

"Pak Prabowo sangat respek dengan Pak Jokowi. Sebaliknya juga demikian. Wajar jika kedua basis pendukung mereka bersatu untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan bangsa," lanjut Habiburokhman.

Relawan Jokpro Bentuk Seknas

Sejumlah relawan membentuk sekretariat Joko Widodo-Prabowo Subianto (Jokpro). Relawan tersebut sepakat mengusung Jokowi-Prabowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Peluncuran sekretariat JokPro direncanakan pada Sabtu (19/6) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. M Qodari, pelantang gagasan Jokowi 3 periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut. Diketahui, gagasan itu juga sempat dilontarkan Qodari pada Februari-Maret lalu. Qodari mengatakan ada beberapa relawan pendukung Jokowi terdahulu yang juga ikut bergabung dalam organisasi Jokpro. Serta beberapa relawan lain yang mendukung gagasan Jokpro.

"Organisasi ini merupakan wadah dari berbagai pihak yang menyambut ide dan gagasan yang saya lontarkan di beberapa media, pada Februari-Maret 2021," kata Qodari, kepada wartawan, Jumat (18/6).

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Jokowi dan Prabowo (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Setpres)
Gerindra soal Relawan Jokpro 2024: Jabatan Presiden Maksimal 2 Periode Gerindra soal Relawan Jokpro 2024: Jabatan Presiden Maksimal 2 Periode Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar