Breaking News

Soal Ketidaktahuan Nurul Ghufron Terkait Siapa Penggagas TWK KPK, ICW: Dia Bukan Tidak Tahu, Tapi Berusaha Menutupi!


Indonesia Corruption Watch (ICW) mempertanyakan ketidaktahuan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron tentang siapa penggagas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang diikuti para pegawai lembaga antirasuah itu. 

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai pernyataan Ghufron janggal karena ia merupakan salah seorang pimpinan KPK. 

"Betapa tidak, Nurul Ghufron adalah satu di antara lima komisioner KPK yang pada akhirnya sepakat untuk menyelundupkan TWK dalam Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021," ujar Kurnia yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (18/6/2021). 

Kurnia menduga bahwa Ghufron bukan tidak tahu siapa penggagas TWK. Namun, ICW menduga dia sedang menutupi pihak yang memberi ide tentang pengadaan tes tersebut. 

Menurut Kurnia, penggagas TWK itu adalah Ketua KPK Firli Bahuri. 

"ICW meyakini bahwa Nurul Ghufron bukan tidak tahu, melainkan berusaha menutupi atau mungkin takut menyebutkan bahwa Firli Bahuri adalah figur yang menggagas TWK untuk seluruh pegawai KPK," tuturnya. 

Terakhir, ICW mendesak empat pimpinan dan sekretaris jenderal KPK segera memberikan keterangan pada Komnas HAM. 

"ICW mendesak empat komisioner lain dan sekjen berani memenuhi panggilan Komnas HAM. Jangan bersembunyi di balik permasalahan ini," kata Kurnia. 

Diberitakan sebelumnya Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memenuhi panggilan pemeriksaan Komnas HAM terkait penyelenggaraan TWK. 

Pemeriksaan itu dilakukan di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta, sejak pukul 10.00 hingga 15.00 WIB, Kamis (17/6/2021) kemarin. 

Usai pemeriksaan, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menjelaskan beberapa pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh Nurul Ghufron. 

Salah satunya adalah terkait dengan siapa inisiator pengadaan TWK. 

"Siapa yang mengeluarkan ide, inisiatif siapa, karena bukan beliau (Ghufron) ya beliau tidak bisa menjawab," ucap Anam.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Kantor Komnas HAM, Kamis (17/6/2021).(KOMPAS.com /IRFAN KAMIL)
Soal Ketidaktahuan Nurul Ghufron Terkait Siapa Penggagas TWK KPK, ICW: Dia Bukan Tidak Tahu, Tapi Berusaha Menutupi! Soal Ketidaktahuan Nurul Ghufron Terkait Siapa Penggagas TWK KPK, ICW: Dia Bukan Tidak Tahu, Tapi Berusaha Menutupi! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar