Breaking News

Begini Kronologis dari Penuturan Petugas PLN yang Diludahi Pelanggan


Petugas PLN UP3 Medan, Ayu Miranda telah resmi melaporkan perilaku salah satu pelanggan penunggak tagihan listrik, ke Polsek Medan Kota.

Ayu mengungkapkan saat kejadian, Kamis (29/7/2021) itu, dirinya dan ketiga temannya mendatangi rumah atas nama tagihan Mhd Reza Sitio. Nama tersebut tercatat telah menunggak sebesar Rp719.749 disertai denda keterlambatan sebesar Rp75.000.

Ayu mengatakan diri dan tim datang dilengkapi surat tugas dan cara yang sopan, namun dibalas dengan perlakuan tidak baik.

“Kami sebagai petugas PLN dengan surat tugas dan surat tugas kerja mendatangi pelanggan. Tentu saja kami mendatangi dengan cara yang sopan. Lalu memang pada saat itu kami menerima perlakuan dari awal perlakuan yang tidak menyenangkan,” ungkapnya, Sabtu (31/7/2021).

Disebutkannya perlakuan kasar pelanggan pria tersebut dimulai dengan makian.

“Dengan memaki, dan mengusir kami, padahal kami sudah mengedukasi dan menjelaskan dengan baik kepada pelanggan dan memberikan pilihan sebenarnya untuk dilunasi atau dilakukan akan pemutusan sementara,” jelasnya.

“Tetapi memang pada saat itu pelanggan sepertinya marah dan tidak terima, mengusir kami, dan melakukan tindakan yang saya rasa tindakan kekerasan dengan melempar batu, memaki, dan terakhir saya diludahi,” lanjutnya.

Soal kejadian di depan pintu mobil itu, Ayu menjelaskan dirinya ingin mempertahankan handphone-nya.

“Karena saya mau pertahankan handphone saya pada saat itu, dia ingin merebut handphone saya, dan akhirnya saya diludahi. Dan beberapa kali pada sat itiu mobil kami persis di kaca jendela saya dipukul berulang kali sebenarnya,” jelasnya.

Karena menerima perlakukan kasar itu, Ayu memutuskan melaporkan ke polisi.

“Yang pasti saat itu saya langsung ke Polsek Medan Kota melaporkan (pelaku), karena merupakan tindakan kekerasan dan menghalangi kami sebagai petugas negara,” timpalnya.

Ayu sendiri langsung melakukan swab tes usai diludahi pelaku. “Saya sudah swab hari ini, kalau pelaku saya kurang tahu. Saya masih tunggu hasilnya,” lanjutnya.

Dia berharap ke depannya, pelanggan mengerti tugas mereka.

“Kita juga datang dengan cara sopan dan memberikan edukasi sebaiknya tidak dilakukan kekerasan kepada petugas. Kita juga menjalankan tugas negara, mempermudah pelanggaan, mengingatkan pelanggan memenuhi kewajibannya, janganlah melakukan kekerasa karena kita sama-sama manusia,” pungkasnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Petugas PLN UP3 Medan, Ayu Miranda, menceritakan kejadian pelanggan yang meludahinya saat meminta tagihan listrik, Sabtu (31/7/2021)/Net
Begini Kronologis dari Penuturan Petugas PLN yang Diludahi Pelanggan Begini Kronologis dari Penuturan Petugas PLN yang Diludahi Pelanggan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar