Breaking News

Kompaknya Netizen Indonesia, Dalam 1 Hari Saja Rp 100 Juta Terkumpul untuk Bantu Penjual Agar-agar yang Viral


Kekompakan netizen alias warganet Indonesia kembali dibuktikan. Kekompakan warganet Indonesia pernah berhasil bikin akun All England hilang dan yang terbaru berhasil menghancurkan rating salah satu drama Korea yang menjelekkan budaya Indonesia.

Kali ini kekompakan warganet Indonesia kembali dibuktikan. Warganet Indonesia ternyata kompak memberikan donasi untuk seorang pedagang agar-agar keliling yang alami kesulitan untuk membeli makan di tengah pandemi Covid-19. Dalam satu hari saja, donasi dari warganet terkumpul hingga lebih dari Rp100 juta.

Dalam beberapa hari terakhir, di media sosial (medsos) tengah viral sebuah video yang memperlihatkan seorang bapak penjual agar datang ke sebuah rumah makan padang. Orang tua tersebut kemudian mengatakan akan membeli nasi padang sambail menyodorkan uang satu lembar Rp 5 ribuan.

Ekspresi wajah serta penampilan orang tua tersebut yang menimbulkan rasa iba, membuat pemilik rumah makan padang terenyuh. Ia pun kemudian memutuskan untuk mengambil video orang tua tersebut dan kemudian mengunggahnya di aplikas tiktok.

Dalam sekajap, video orang tua saat membeli nasi padang sambail menyodorkan uang Rp 5 ribu beredar luas di akun tiktok milik @elsameliaa. Video tersebut pun banyak sekali mendapatkan tanggapan yang rata-rata menyampaikan rasa iba dan simpati terhadap orang tua tersebut.

Bahkan tak sedikit pula netizen yang menyarankan agar pemilik akun tiktok @elsameliaa membuka donasi untuk membantu orang tua tersebut. Atas banyaknya saran yang diterima, maka pemilik akun tiktok yang bernama asli Elsa Amelia (19) pun akhirnya membuka donasi.

Pada akhirnya, setelah video tiktok itu viral dan pemilik akun membuka donasi, sumbangan pun banyak berdatangan. Hingga Jumat 30 Juli 2021, donasi yang telah berhasil dikumpulkan Elsa Amelia pun mencapai Rp 106.048.000.

"Saya awalnya tak bermaksud untuk membuka donasi. Namun karena banyak netizen yang mendesak agar saya membuka donasi, maka akhirnya saya buka donasi untuk membantu bapak penjual agar itu," ucap Elsa saat ditemui Jumat 30 Juli 2021.

Mang Eman, pedagang agar-agar keliling yang mendapatkan donasi dari netizen Rp100 Juta sebab viral saat membeli nasi padang hanya Rp5 ribu.

Diakui Elsa, dirinya sempat merasa kaget karena sebelumnya sama sekali tak menduga jika donasi yang dibukanya untuk membantu bapak penjual agar-agar itu akan mendapat respon yang sangat baik dari para netizen. Setelah uang terkumpul hingga Rp 100 juta lebih, ia pun kemudian mencari keberadaan bapak penjual agar-agar tersebut.

Diungkapkannya, ternyata tak sulit juga untuk bisa menemukan bapak penjual agar-agar keliling tersebut. Orang tua yang kemudian diketahui bernama Eman atau sering dipanggil Mang Eman tersebut cukup dikenal di kawasan perkotaan Garut meskipun ia merupakan warga Kecamatan Cilawu.

Elsa juga menyebutkan jika dirinya sudah mencetak mutasi uang yang masuk ke rekeningnya dari para netizen untuk kemudian diserahkan ke Mang Eman. Nantinya mutasi itu akan ia update untuk pertanggung jawaban ke para donatur di Tiktok yang telah mendonasikan uangnya untuk membantu Mang Eman.

Lebih jauh dituturkan Elsa, video tiktok tentang kedatangan Mang Eman ke rumah makn milik orang tuanya di kawasan Jalan Cimanuk, Kecanatan Garut Kota itu diambil dua hari yang lalu tepatnya Rabu 28 Juli 2021. Video itu kemudian diunggah melalui aplikasi tiktok pada Kamis 29 Juli 2021 siang.

"Selang lima jam dari video itu saya unggah di tiktok, ternyata respon para netizen sangat luar biasa. Saya pun sangat kaget dan benar-benar tak menyangka akan seperti itu," ujar Elsa.

Ia mengisahkan, pada Rabu 28 Juli 2021 sore, dirinya sedang berada di dalam rumah makan padang milik orang orangtuanya. Tiba-tiba masuk seorang pedagang agar-agar keliling ke dalam rumah makan dan bermaksud membeli nasi.

Saat itu Elsa melihat orang tua tersebut hanya mengepal uang satu lenmbar Rp 5 ribuan di tangannya. Ia pun melihat agar-agar dagangan orang tua tersebut masih terlihat utuh pertanda belum ada yang membeli.

Melihat keberadaan orang tua tersebut, timbul rasa iba dan simpati di hati Elsa terhadap orang tua tersebut. Hal yang sama juga dirasakan orang tuanya sehingga uang pembayaran nasi yang diberikan orang tua tersebut tidak mereka terima.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mang Eman, pedagang agar-agar keliling yang mendapatkan donasi dari netizen Rp100 Juta sebab viral saat membeli nasi padang hanya Rp5 ribu. /Kabar Priangan/Aep Hendy
Kompaknya Netizen Indonesia, Dalam 1 Hari Saja Rp 100 Juta Terkumpul untuk Bantu Penjual Agar-agar yang Viral Kompaknya Netizen Indonesia, Dalam 1 Hari Saja Rp 100 Juta Terkumpul untuk Bantu Penjual Agar-agar yang Viral Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar