Breaking News

Tampang Osimin Wenda Teroris KKB Penembak Rombongan Tito Karnavian


Tim gabungan menangkap salah satu buronan Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). 
 
Osimin merupakan salah satu anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan Osimin ditangkap pada Kamis (22/7) pukul 11.25 WIT di Kampung Wandigobak, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

"Osimin Wenda yang terlibat berbagai aksi kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata," kata Kombes Kamal, Jumat (23/7/2021).

Berdasarkan foto yang diterima, ada lima foto diri Osimin. Tampak Osimin mengenakan lima baju yang berbeda

Diduga foto-foto tersebut diambil dalam waktu yang berbeda karena Osimin tampak berada di lokasi berbeda dan juga dengan kondisi rambut yang berbeda. Namun kesamaan dari empat foto tersebut ialah tampak memiliki berewok dan selalu ada kalung yang melingkar di lehernya.

Salah satu foto menunjukkan Osimin memegang senjata laras panjang. Satu foto lainnya, tampak Osimin mengenakan singlet dengan motif loreng.

Satu foto lainnya, tampak Osimin mengenakan sweater bermotif hijau loreng. Tampak tangannya seperti diikat.

Kombes Kamal mengungkap Osimin memiliki sejumlah nama lain di antaranya ialah Usimin Telenggen alias Ustel Bin Laden alias Kilongginik. Terungkap juga, Osimin kabur dari penjara pada 2018 lalu.

"Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa pelaku mendapatkan vonis seumur hidup dari hakim tahun 2014 dan kemudian Kabur dari Lapas Abepura Tahun 2018," ungkapnya.

Setelah kabur dari penjara, Osimin sering memalang sopir truk yang melintas di Jalan baru menuju Philia. Terungkap juga bahwa Osimin pernah menyerang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat masih menjabat sebagai Kapolda Papua.

"Pelaku dalam pemeriksaan intensif penyidik Satuan Reskrim Polres Puncak Jaya," ucapnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Tim gabungan menangkap DPO Polres Puncak Jaya bernama Osimin Wenda (30). Ini tampang Osimin yang pernah menyerang Tito Karnavian saat jabat Kapolda Papua. (dok Polda Papua)
Tampang Osimin Wenda Teroris KKB Penembak Rombongan Tito Karnavian Tampang Osimin Wenda Teroris KKB Penembak Rombongan Tito Karnavian Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar