Breaking News

Kasus Omicron Menggila, Sri Mulyani Tetap Pede Ekonomi Tahun Ini Bisa Capai 5,5 Persen


Meski kasus penularan Covid-19 lewat varian Omicron sedang meroket di tanah air, tetapi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tetap meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini masih bisa terakselerasi dengan baik.

Dia pun yakin ekonomi tahun ini bisa mencapai forecast yang ditentukan pemerintah sesuai dengan APBN 2022 direntang 4,8 hingga 5,5 persen.

"Saat ini Kementerian Keuangan masih melihat 2022 kita akan tumbuh di kisaran 4,8-5,5 persen," kata Sri Mulyani dalam konfrensi pers APBN Kita secara virtual, Selasa (22/2/2022).

Terlebih, kata Sri Mulyani, sejumlah lembaga ekonomi dunia, seperti IMF hingga Bank Dunia belum melakukan revisi terhadap kondisi perekonomian global tahun ini. Meski begitu kata dia resiko menurunnya kegiatan ekonomi masih terbuka lebar.

"Kami melihat memang ada faktor upside tapi juga melihat ada faktor risiko downside. Ini yang menjadi perhatian kami dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi 2022," katanya.

Sementara dilihat dari kinerja satu bulan pertama tahun ini, sejumlah indikator ekonomi menunjukan kinerja yang cukup baik. Semisal soal data PMI Manufaktur Indonesia yang berada di level 53,7 atau menunjukan tren ekspansif.

Begitu juga dengan neraca perdagangan yang surplus USD0,93 miliar, serta Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang masih di level optimistis.

"Ini menggambarkan ritme dan arah pemulihannya sudah pada ritme dan arah yang tepat. Tentu kami harus menjaganya karena ini bukan suatu jaminan," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Net
Kasus Omicron Menggila, Sri Mulyani Tetap Pede Ekonomi Tahun Ini Bisa Capai 5,5 Persen Kasus Omicron Menggila, Sri Mulyani Tetap Pede Ekonomi Tahun Ini Bisa Capai 5,5 Persen Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar