Breaking News

Militer Rusia Bergerak ke Ukraina Timur, 5 Orang Tewas


Rusia mulai melancarkan serangan ke Ukraina. Pasukan militer yang dilengkapi tank menyerbu Kota Donetsk yang dideklarasikan sendiri di Ukraina Timur.

RTVI, outlet media Rusia, mem-posting video konvoi militer bergerak melalui jalan-jalan Kota Donetsk Senin malam (21/2). Donetsk adalah ibu kota Republik Rakyat Donetsk yang dideklarasikan di Ukraina Timur. Presiden Rusia Vladimir Putin pun mengakui Republik Rakyat Donetsk sebagai wilayah merdeka Senin pagi seperti laporan CNN.

Dalam serangan itu, dilansir dari Financial Times, Selasa (22/2), Rusia mengklaim telah menghancurkan dua kendaraan militer Ukraina yang menyimpang ke wilayahnya. Dalam peristiwa itu Rusia mengklaim lima orang tewas.

Peristiwa itu menjadi bentrokan pertama Rusia dengan pasukan Ukraina sejak Moskow memobilisasi 190.000 tentara di perbatasannya. Rusia mengklaim bahwa Ukraina mengirim dua kendaraan tempur infanteri untuk mengevakuasi mereka dari medan perang.

Pasukan Rusia menghancurkan kedua kendaraan tempur Ukraina dengan senjata anti-tank. “Akibat bentrokan itu, 5 anggota kelompok pengintai pengalihan yang melanggar perbatasan Federasi Rusia dihancurkan,” kata pernyataan Rusia.

Rusia mengklaim tidak ada tentaranya yang terluka dalam pertempuran itu. Klaim itu pun didukung dengan sejumlah bukti.

Separatis yang didukung Rusia di wilayah Donbas Ukraina Timur menuduh Kyiv melancarkan serangan untuk merebut kembali wilayah yang memisahkan diri di perbatasan Rusia. Lebih dari 14 ribu orang tewas sejak Moskow mencaplok semenanjung Krimea pada 2014. Ukraina menyatakan, Rusia mencoba menggunakan klaim itu sebagai dalih untuk melakukan invasi baru ke negara itu.

Sumber: jawapos
Foto: Latihan militer gabungan yang dilakukan tentara Rusia dan Belarusia, di perbatasan Rusia barat laut dengan Eropa. (Picture-Alliance)
Militer Rusia Bergerak ke Ukraina Timur, 5 Orang Tewas Militer Rusia Bergerak ke Ukraina Timur, 5 Orang Tewas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar