Breaking News

Pembalap Senior MotoGP Ini Blak-blakan Sebut Sirkuit Mandalika Kotor


Meski komandan Lapangan MotoGP Sirkuit Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengklaim Sirkuit Mandalika telah memenuhi kualifikasi Grade A, namun masih ada PR yang harus dibenahi MGPA (Mandalika Grand Prix Association).

Hal itu karena Sirkuit Mandalika dinilai masih memiliki kekurangan yang mesti dibereskan MGPA sebelum gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, 20 Maret 2022 mendatang.

Kekurangan Sirkuit Mandalika diungkap pembalap RNF Andrea Dovizioso. Secara terang-terangan, pembalap senior MotoGP itu menyebut lintasan Sirkuit Mandalika kotor.

Kondisi lintasan yang tidak bersih itu disampaikan Dovizioso setelah rider asal Italia ini menjalani tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika pada hari pertama, Jumat (11/2).

Pada hari pertama, tes MotoGP Mandalika diwarnai dengan kondisi sirkuit yang kotor karena debu dan lumpur akibat proyek pembangunan di sekitaran sirkuit.

Di mata Dovizioso, kendala utama Sirkuit Mandalika sejauh ini adalah kotor akibat debu dan lumpur karena masih banyak pekerjaan di sekitaran sirkuit, dikutip dari Motosan.

“Satu-satunya hal yang bisa kami minta adalah membersihkan trek sebersih mungkin. Masih banyak pekerjaan di sirkuit dan kotoran di sirkuit,” ujar Dovizioso.

Pembalap 35 tahun itu juga menuturkan bahan aspal di Sirkuit Mandalika yang terlihat terlepas saat menjalani tes MotoGP Mandalika.

“Selain itu, bahan pembuat aspal seperti lepas. Ketika Anda mengikuti [di belakang] pembalap lain, semua batu jatuh pada [mengenai] Anda,” ucap Dovizioso.

Dari dua persoalan di atas, Dovizioso sedikit pesimistis dengan kesanggupan MGPA menuntaskan masalah sirkuit kotor di Mandalika untuk MotoGP Mandalika, Maret mendatang.

“Memang tidak menyenangkan, tetapi dalam tiga minggu mereka tidak akan bisa berbuat banyak untuk menyelesaikan masalah ini,” tutur Dovizioso.

Pembalap RNF Andrea Dovizioso. Foto:motogp.com

Setelah tes pramusim yang akan berakhir pada Minggu (13/2) besok, para pembalap, termasuk Divozioso akan kembai ke Indonesia untuk menjalani seri kedua musim ini, MotoGP Mandalika.

Dovi berharap semua kekurangan ini, tidak ditemukan lagi pada saat balapan MotoGP Indonesia atau MotoGP Mandalika, Maret mendatang.

Diberitakan sebelumnya, Komandan Lapangan MotoGP Sirkuit Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengumumkan Sirkuit Mandalika telah memenuhi kualifikasi Grade A.

Menurut Hadi, hasil pencapaian syarat homologasi itu dia terima langsung dari Dorna Sport.

Artinya, Sirkuit Mandalika sangat layak untuk menggelar MotoGP.

Hadi Tjahjanto menyebutkan seluruh sarana di race track daan race electronic sudah siap menggelar seri MotoGP Indonesia 2022 pada Maret mendatang.

Termasuk juga pembenahan ban pembatas di lintasan (tire barrier) untuk keselamatan pembalap.

Hadi melanjutkan pengerjaan tribun penonton VIP Villages, Premium Grandstand, dan Standard Grandstand terus dilakukan.

Sejauh ini sejak hari pertama tes pramusim, Hadi Tjahjanto mengatakan travel bubble di hotel hingga ke area paddock berjalan lancar.

Para pihak yang terlibat dalam balapan menjalankan aturan sesuai Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 5 Tahun 2022.

“Hasil pemeriksaan antigen PCR, semuanya negatif dan bisa melanjutkan sesi kedua tes pramusim MotoGP 2022,” imbuh Hadi Tjahjanto.

Sumber: pojoksatu
Foto: Sejumlah pekerjaan masih berlangsung di sekitaran Sirkuit Mandalika. Foto: antara/andika wahyu
Pembalap Senior MotoGP Ini Blak-blakan Sebut Sirkuit Mandalika Kotor Pembalap Senior MotoGP Ini Blak-blakan Sebut Sirkuit Mandalika Kotor Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar