Breaking News

Secara Etika, Erick Thohir Harus Mundur sebagai Menteri BUMN jika Mencalonkan diri Ketua Umum PSSI


Seorang pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas, Feri Amsari memberikan kritik atas sikap Menteri BUMN, Erick Thohir yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum dari Persatuan Seluruh Indonesia (PSSI). 

Menurutnya, Erick harus segera mundur sebagai orang nomor satu di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu. Dalam kritiknya, Feri mengatakan, jika seorang menteri harus mengedepankan profesionalisme dalam bekerja. Jika dia mengambil pekerjaan lain, menteri yang bersangkutan tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya. 

"Menjadi Ketua PSSI sama saja dia tidak fokus dan serius untuk menjalankan tugas kementerian yang menjadi tanggung jawabnya," ungkap Feri saat dikonfirmasi, Minggu (15/1/2023).

Oleh sebeb itu, lanjut Feri, jika Erick ingin fokus menjadi Ketua Umum PSSI, sebaiknya ia mundur sebagai Menteri BUMN. Tujuannya, agar Kementerian BUMN tetap berfungsi dengan baik dan tidak diganggu oleh Erick terkait persiapan menjadi Ketua Umum PSSI atau setelah pemilihan nanti. 

“Dia harus tertib untuk kemudian berpikir berhenti dari jabatnnya yang ada saat ini, agar kemudian kementerian bisa berjalan baik dan tidak rangkap jabatan," ujar Feri.

Meskipun begitu, Feri mengakui tidak ada peraturan yang melarang menteri memegang rangkap jabatan di badan organisasi lain. Namun, kata Fery hal itu adalah pelanggaran etika yang harus dipatuhi oleh pejabat negara.

"Ini dititik tertentu panggilan etika ya, patut tidak patut seorang menteri BUMN mencalonkan diri sebagai Ketua PSSI. Oleh karena itu, ini adalah pelanggaran etis yang luar biasa," ujarnya. 

"Belum lagi soal profesionalisme seorang menteri di kabinet Presiden Joko Widodo, tambahnya. 

Sebagai informasi, Erick Thohir telah memastikan akan mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ia juga telah mendaftarkan diri di kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu (15/1/2023).

Erick juga membeberkan alasan dirinya mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI karena merasa terpanggil dan bernyali untuk terlibat langsung dalam membenahi carut-marut sepak bola Indonesia yang tak pernah selesai.

Sumber: suara
Foto: Menteri BUMN, Erick Thohir/Net
Secara Etika, Erick Thohir Harus Mundur sebagai Menteri BUMN jika Mencalonkan diri Ketua Umum PSSI Secara Etika, Erick Thohir Harus Mundur sebagai Menteri BUMN jika Mencalonkan diri Ketua Umum PSSI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar