Breaking News

Detik-detik Seputar Isu Reshuffle Rabu Pon, Nasib Menteri Jadi Tanda Tanya


Teka-teki reshuffle kabinet Indonesia Maju yang berhembus kini masih menjadi misteri. Pasalnya, momen "Rabu Pon" sering dimanfaatkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk melakukan reshuffle.

Beberapa agenda kegiatan Presiden yang akan dilaksanakan pada Rabu (1/2/2023) hari ini pun sempat diungkap oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Ia menyebutkan tidak ada pertemuan para menteri dan presiden dalam jadwal kunjungan Presiden Jokowi. Sebaliknya, Presiden Jokowi akan terbang ke Bali dalam hari Rabu Pon ini.

Kabar burung soal adanya rencana reshuffle ini pun sudah berhembus sejak tahun lalu, terutama banyaknya evaluasi dari pemerintah terhadap kinerja beberapa kementerian yang dianggap mengalami kemunduran.

Lalu, apa yang sebenarnya sedang terjadi? Simak inilah serba serbi menuju Rabu Pon dalam isu reshuffle selengkapnya.

Nama menteri yang diisukan kena reshuffle

Walaupun reshuffle kabinet adalah hal yang lumrah dalam pemerintahan, namun alasan di balik reshuffle ini lebih sering dirahasiakan. Hal ini kerap dikaitkan dengan kinerja para menteri yang dianggap belum baik atau mengalami perubahan yang signifikan.

Adapun beberapa nama menteri seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin, hingga Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar pun menjadi nama yang disebut-sebut akan terkena reshuffle.

Menteri Bahlil berikan tanggapan


Isu soal reshuffle Rabu Pon ini pun juga ditanggapi oleh Menteri Investasi. Ia pun membantah keras atas isu dirinya ikut mengaudit kinerja para menteri.

"Saya malah enggak tau ada reshuffle. Saya tiap hari mikir investasi. Saya enggak tau ya karena kebetulan kan saya ngurus investasi, saya bukan menteri mengevalusi kinerja," tegas Bahlil usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Jokowi sempat berikan clue

Isu adanya reshuffle yang diperkirakan terjadi pada Rabu, (1/2/2023) besok ini pun sebelumnya pernah ditanggapi Jokowi dnegan candaan. Ia pun merespons dengan tertawa.

"Hm? Masa (ada reshuffle)? Hahaha," jawab Jokowi saat ditanyai isu reshuffle usai kegiatan pembukaan KTT ASEAN 2023 di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023) lalu.

Tak hanya itu, Jokowi pun meminta masyarakat untuk menunggu "kejutan" atas isu yang beredar. 

"Rabu Pon? Bener? Ya nanti tunggu aja," tutup Jokowi.

Reshuffle di Rabu Pon atau Rabu Pahing

Istilah Rabu Pon dalam reshuffle ini ternyata punya sejarah yang cukup panjang, di mana Presiden Jokowi kerap kali mengumumkan reshuffle saat Rabu Pon atau Rabu Pahing sepanjang masa jabatannya.

Tercatat, Jokowi sudah melakukan reshuffle kabinetnya selama 2 periode jabatannya sebanyak 7 kali, di mana hanya ada satu hari pengumuman reshuffle tidak di hari Rabu Pon, yaitu 28 April 2021 yang merupakan hari Rabu Wage.

Sedangkan 3 kali sebelumnya, Jokowi selalu memilih Rabu Pon, yaitu tanggal 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, dan 23 Desember 2020 untuk mengumumkan reshuffle.

Untuk pengumuman di Rabu Pahing, Jokowi juga pernah mengumumkan reshuffle pada tanggal 17 Januari 2018, 15 Agustus 2018, dan 15 Juni 2022 lalu.

Kini, para menteri pun harap-harap cemas atas isu reshuffle yang mencuat. 

Sumber: suara
Foto: Presiden Joko Widodo/net
Detik-detik Seputar Isu Reshuffle Rabu Pon, Nasib Menteri Jadi Tanda Tanya Detik-detik Seputar Isu Reshuffle Rabu Pon, Nasib Menteri Jadi Tanda Tanya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar