Breaking News

Isu Ngutang ke Sandiaga Rp 50 Miliar, Berapa Harta Kekayaan Anies Baswedan?


Isu mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berutang pada Sandiaga Uno kini menjadi percakapan hangat di tengah publik hingga pengamat politik.

Adapun isu tersebut dibeberkan oleh Wakil Ketua Umum Golkar Erwin Aksa dalam podcast Akbar Faizal Uncensored di YouTube. Tak tanggung-tanggung, nilai utang tersebut mencapai Rp 50 miliar

Menanggapi isu tersebut, sosok Ketua Timses Anies Baswedan, Sudirman Said membenarkan bahwa Anies berutang pada Sandiaga Pemilu DKI Jakarta 2017. Sebab kala itu, Anies kelabakan mencari dana untuk memperlancar usahanya saat berjuang di Pilkada tersebut.

"Kemudian ada perjanjian utang piutang dengan Pak Sandi dan Pak Anies. Karena pada waktu itu Pak Anies tidak punya uang," ujar Sudirman Said, Rabu (8/2/2023).

Meski demikian, Sudirman lanjut meminta publik untuk tenang sebab utang tersebut sudah dibayarkan dengan kemenangan Anies di Pilkada 2017. Dalam perjanjian, ia mengungkap utang piutang dinyatakan selesai jika meraih kemenangan Pilkada.

Harta kekayaan Anies Baswedan yang rela ngutang ke Sandiaga

Lantas timbul pertanyaan, memang seberapa harta kekayaan Anies Baswedan sehingga harus rela menanggung malu berutang ke Sandiaga Uno?

Adapun sebagai seorang pejabat negara, Anies Baswedan dituntut untuk melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi alias KPK sebagai bentuk transparansi.

Laporan tersebut dirumuskan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara alias LHKPN. LHKPN terbaru Anies Baswedan tertanggal 2021 yang dilaporkan pada pada 31 Maret 2022, yakni kala dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

LHKPN Anies Baswedan untuk periode 2021 tercatat memiliki total harta Rp 10.955.779.684 (Rp 10,95 miliar).

Sebagian besar total kekayaan tersebut disumbang dari tanah dan bangunan senilai Rp14.715.962.000. Anies memiliki Beberapa unit tanah dan bangunan di berbagai daerah seantero negeri. Sebab tak hanya di Jakarta, Anies juga punya sebidang tanah di Sleman, Yogyakarta.

Anies juga menyimpan beberapa kendaraan bermotor senilai Rp550.000.000 di garasinya dengan rincian sebagai berikut:

Selain beberapa jenis harta kekayaan di atas, Anies memiliki surat berharga senilai Rp61.070.000, dan harta berjenis kas dan setara kas lainnya bernilai Rp1.208.221.107.

Adapun total kekayaan Anies mengalami kenaikan sebanyak Rp40.229.422 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kendati punya harta miliaran Rupiah, Anies juga tercatat memiliki utang senilai Rp 7.606.761.819 (Rp 7,6 miliar).

Sumber: suara
Foto: Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Isu Ngutang ke Sandiaga Rp 50 Miliar, Berapa Harta Kekayaan Anies Baswedan? Isu Ngutang ke Sandiaga Rp 50 Miliar, Berapa Harta Kekayaan Anies Baswedan? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar