Breaking News

Jumlah Korban Gempa Turki Mencapai 12 Ribu, Seperempat dari Negara Tetangga, Suriah


Jumlah korban meninggal di Suriah akibat gempa bumi Turki tembus 2.800 jiwa.

Gempa bumi Turki pada Senin (6/2/2023) dengan episentrum bagian selatan negara itu dan kekuatan mencapai 7,8 Magnitude juga dirasakan di negara tetangga, Suriah. Intensitas gempa juga sama-sama dahsyat.

Dikutip dari kantor berita Antara, total korban meninggal dunia di kedua negara, Turki dan Suriah sudah tembus 12.000 jiwa.

Dan di Suriah sendiri, setidaknya 2.802 orang meninggal dan ribuan lainnya luka-luka. Atau mencapai sekira seperempat dari total korban gempa Turki-Suriah.

Kementerian Kesehatan rezim Suriah mengatakan setidaknya 1.262 orang tewas dan 2.285 lainnya terluka di provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus. Keempat wilayah ini adalah lokasi paling parah terdampak gempa bumi di Suriah. Selain itu masih ada kota Homs, yang sebelum perang sipil Suriah menjadi kota industri.

Menurut laporan Pertahanan Sipil Suriah, sedikitnya tercatat 1.540 orang meninggal dunia dan lebih dari 2.750 lainnya mengalami luka di daerah yang dikuasai oposisi di bagian barat laut Suriah.

Selain itu, sebagian besar bangunan di daerah yang dikuasai oposisi di utara Suriah juga hancur. Wilayah ini menjadi tempat tim penyelamat yang sedang mencari korban selamat.

Ucapan duka cita kepada Turki dan Suriah atau Syria mengalir dari para pemimpin dunia seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sudah menawarkan bantuan kepada Turki, termasuk mengirimkan tim penyelamat.

Sumber: suara
Foto: Gempa bumi Turki dan Suriah. Sebuah potret pascagempa di Suriah (AFP/Bakr Alkasem)
Jumlah Korban Gempa Turki Mencapai 12 Ribu, Seperempat dari Negara Tetangga, Suriah Jumlah Korban Gempa Turki Mencapai 12 Ribu, Seperempat dari Negara Tetangga, Suriah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar