Breaking News

Lembaga Survei Ini Sarankan PDIP Berkoalisi Kalau Tidak Akan Tersingkir


Hingga saat ini satu-satunya partai yang belum melakukan koalisi dengan partai lain adalah adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Namun, kelebihan yang dimiliki PDIP belum tentu membawa kemenangan.

Dalam survei terbaru yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Desember 2022 terhadap menemukan pasangan Ganjar-Puan berada di urutan ketiga dengan perolehan suara 21,6 persen. 

Sementara suara Prabowo-Muhaimin 29,7 persen dan Anies-AHY 28,8 persen berada di atasnya. 

Disusul paling tinggi pasangan Airlangga-Erick 4,9 persen dan yang belum menjawab 15 persen.

Menurut Saiful Ganjar bisa kompetitif bila tidak dipasangkan dengan puan. Alasannya elektabilitasnya jadi turun di bawah Prabowo dan Anies. 

Pendiri SMRC menyarankan PDIP untuk berkoalisi kalau tidak akan tersingkir dan sudah menjadi kebutuhan untuk berkoalisi.

Untuk diketahui, lembaga survei itu melakukan simulasi untuk empat pasangan dalam pemilihan presiden. 

Pertama adalah Prabowo Subianto sudah banyak didiskusikan. Ada upaya Gerindra berkoalisi dengan PKB untuk mengusung pasangan Prabowo dengan Muhaimin Iskandar. 

Kedua, Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Ketiga, Ganjar berpasangan dengan Puan. 

Keempat, Airlangga Hartarto akan mencari calon, misalnya Erick Thohir sebagai orang yang juga melakukan sosialisasi untuk calon presiden maupun calon wakil presiden. 

Sumber: suara
Foto: Megawati Soekarnoputri/Net
Lembaga Survei Ini Sarankan PDIP Berkoalisi Kalau Tidak Akan Tersingkir Lembaga Survei Ini Sarankan PDIP Berkoalisi Kalau Tidak Akan Tersingkir Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar