Breaking News

Ternyata Segini Harta Sandiaga Uno yang Ikhlaskan Utang Rp 50 Miliar kepada Anies Baswedan


Sandiaga Salahudin Uno atau lebih dikenal Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha yang memutuskan terjun ke dunia politik. 

Sandiaga kini bergabung di Kabinet Indonesia Maju dengan menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) di bawah komando Presiden Joko Widodo.

Dengan berlatar belakang sebagai pengusaha Sandiaga dinilai sebagai salah satu politisi dengan harta kekayaan yang melimpah. Bahkan, ia dikabarkan memberi pinjaman Rp50 miliar kepada Anies Baswedan untuk keperluan logistik Pilkada DKI 2017 silam.

Isu itu mencuat setelah Waketum Partai Golkar Erwin Aksa membeberkannya di chanel YouTube Akbar Faisal Uncensored yang tayang 4 Februari 2023 lalu. Erwin mengungkap bagaimana Sandiaga yang menjadi pasangan Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2017 memiliki banyak saham turut membantu Anies Baswedan.

Berkembangnya isu terkait utang tersebut membuat publik bertanya, berapa sebenarnya harta kekayaan yang dimiliki Sandiaga Uno. 

Pasalnya, uang Rp50 miliar bukanlah nominal yang kecil sampai ia berani menggelontorkan dana sejumlah tersebut untuk Anies Baswedan di pertarungan pilkada.

Sandiaga Uno yang merupakan seorang pejabat publik diketahui harus berkewajiban melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara berkala tiap tahunnya.

Laporan tersebut diserahkan dalam bentuk LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara sebagai bentuk transparansi pejabat negara.

Diketahui, lulusan dari George Washington University (1992) ini melaporkan harta kekayaanya pada tahun 2021 senilai Rp10,6 triliun. Besarnya harta yang dimiliki suami dari Noor Asiah ini digadang-gadang sebagai salah satu politisi terkaya di tanah air.

Sebagian besar harta yang dimiliki Sandiaga bersumber dari harta kekayaan jenis tanah dan bangunan senilai Rp 253,46 miliar. Dia pun mempunyai aset tanah serta bangunan di Amerika Serikat dan Singapura.

Meski dikenal memiliki harta melimpah namun Sandiaga Uno hanya memiliki tiga unit kendaraan bermotor yakni Nissan Grand Livina tahun 2013 senilai Rp 95.000.000, Nissan X-Trail keluaran 2015 dengan nilai Rp 200.000.000, dan Toyota Corolla Cross Hybrid Tahun 2021 Rp 480.000.000.

Sandiaga juga melaporkan harta bergerak lainnya senilai Rp 3,2 miliar dan surat berharga senilai Rp 9,7 triliun.

Kendati memiliki harta hingga triliunan  rupiah, nyatanya ia tetap bimbang sebelum utangi Anies Baswedan. 

Bahkan dirinya harus salat Istikarah sebelum mengambil keputusannya.

"Setelah saya shalat Istikharah, setelah saya menimbang berkoordinasi dengan keluarga, saya tidak ingin melanjutkan pembicaraan" ujar Sandiaga Uno saat ditemui wartawan usai menghadiri acara NU, Selasa (7/2/2023)

Sumber: suara
Foto: Sandiaga Salahudin Uno/Net
Ternyata Segini Harta Sandiaga Uno yang Ikhlaskan Utang Rp 50 Miliar kepada Anies Baswedan Ternyata Segini Harta Sandiaga Uno yang Ikhlaskan Utang Rp 50 Miliar kepada Anies Baswedan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar