Breaking News

Fenomena Pengobatan Ida Dayak Jadi Sorotan, Kemenkes Singgung Soal STPT


Fenomena pengobatan tradisional yang dilakukan Ida Dayak yang kini tengah digandrungi masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) angkat bicara terkait pengobatan tradisional ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Nadia Tarmizi menyebut, bahwa pengobatan tradisional Ida Dayak belum dapat dipastikan keampuhannya.

Meski Demikian, layanan tradisional memang diakui pemerintah.

Untuk itu, kata Nadia, tenaga kesehatan tradisional harus memiliki Surat Terdaftar Penyehat Tradisional atau STPT.

Menurutnya, masyarakat dapat memeriksa hal tersebut ke Dinas Kesehatan daerah setempat.

“Masyarakat punya pilihan mau pengobatan tradisional atau pengobatan modern silahkan, yang penting kami menjaga jangan sampai ada yang dirugikan,” kata Nadia di DPR, Kamis 6 Maret 2023.

Pengobatan tradisional diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 61 Tahun 2016 serta Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

“Pengobatan modern yang dimaksud merupakan layanan kesehatan yang telah diuji berbasis bukti. Contohnya, sebuah vaksin harus lolos tiga uji klinis sebelum masuk tahap komersil,” terangnya.

Nadia mengaku, bahwa pihaknya berniat untuk melakukan pembinaan pada masyarakat yang terbujuk oleh unggahan viral di media sosial.

“Masyarakat harus memiliki informasi utuh sebelum memilih jenis pengobatan,” ujarnya.

Nadia berpendapat, pembina penyehat tradisional harus aktif melakukan pembinaan kepada tenaga kesehatan tradisional.

“Jangan sampai Hatra (penyehat tradisional) juga enggak tahu kapan dia harus berhenti dan merujuk ke pelayanan kesehatan tradisional,” jelasnya seperti dikutip.

Dengan demikian, Nadia berharap melalui Dinas Kesehatan di setiap daerah harus aktif melakukan pembinaan ke fasilitas kesehatan tradisional.

“Sebab, Dinas Kesehatan berwenang dalam menerbitkan STPT,” ucapnya.

Fenomena Pengobatan Ida Dayak

Ida Dayak memang disebut-sebut mampu mengobati dalam sekejab tulang patah hingga sembuh.

Bahkan, kemampuannya menyembuhkan pasien stroke, patah tulang, tulang bengkok, tuli dan lainnya sudah santer didengar banyak orang.

Ya, tak butuh waktu lama bagi Ida Dayak untuk menyembukan pasiennya. Cukup mengoleskan minyak urut khas Suku Dayak, sembari diurut, serta sesekali menari tarian khas Suku Dayak pula, wuuss pasien sembuh.

Tanpa memungut bayaran dalam pengobatannya, pasien hanya membeli sebotol minyak bintang seharga Rp 50 ribu tersebut ke tim Ida Dayak.

Alhasil, setelah diolesi minyak bintang dan diurut sebentar oleh Ida Dayak, banyak di antara pasien langsung sembuh dalam sekejap.

Di tangan Ibu Ida Dayak, cukup diurut. Hitungan menit pasien langsung sembuh dan bisa menggerakan kembali tangannya.

Siapakah Sosok Ida Dayak?

Ida Dayak bernama asli Ida Andriyani, lahir 3 Juli 1972, di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

Banyak yang menghubung-hubungkan kemampuan Ibu Ida Dayak dengan keyakinannya. Apalagi, setiap melaksanakan praktek pengobatannya, Ida Dayak memakai baju tradisional masyarakat Dayak.

Banyak yang mengaitkan Ida Dayak dengan Panglima Burung. Tokoh spiritual Sakti yang disebut-sebut menjadi pelindung Suku Dayak.

Saat melakukan pengobatan, Ida Dayak memulai dengan membaca Basmallah (Bismillahirrohmanirrohim) dan kalimat Tauhid (La ila ha illallaah).

Artinya, ibu Ida Dayak hanya meminta penyembuhan kepada Allah SWT. Namun, di beberapa tayangan youtube juga Ida Dayak menyebut nama Panglima Burung serta tokoh spiritual Suku Dayak lainnya.

Metode pengobatan Ibu Ida Dayak menggunakan minyak khas suku Dayak yang disebut minyak Bintang.

Minyak berwarna merah ini cukup ampuh, karena dengan olesan minyak dan urutan tangan dingin Ibu Ida Dayak pasien langsung sembuh.

Sebelum diobati pasien cukup diminta membeli minyak merah tersebut yang harganya masih sangat terjangkau.

Karena banyak pasien yang berhasil disembuhkan, wajar jika setiap pengobatan Ida Dayak dibuka, selalu ramai diserbu warga yang ingin disembuhkan.

Sumber: pojoksatu
Foto: Ida Dayak tengah melakukan pengobatan tradisionalnya
Fenomena Pengobatan Ida Dayak Jadi Sorotan, Kemenkes Singgung Soal STPT Fenomena Pengobatan Ida Dayak Jadi Sorotan, Kemenkes Singgung Soal STPT Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar