Breaking News

Kronologi Jokowi Nyaris Santap Buah Beracun Formalin, Ketahuan 3 Jam Sebelum Dimakan


Presiden Jokowi dan keluarga nyaris menyantap makanan yang mengandung formalin.

Beruntung makanan yang mengandung formalin tersebut sudah ditemukan oleh tim khusus lebih dulu sebelum disantap oleh Jokowi dan keluarga.

Diketahui makanan tersebut nyaris disantap Jokowi dan keluarga saat berlibur di Labuan Bajo, NTT, Sabtu (22/4/2023).

Makanan tersebut diperoleh dari salah satu tempat makan di Labuan Bajo.

Sebelum disantap oleh Jokowi dan keluarganya, tim Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) melakukan pengujian dan menemukan makanan yang mengandung formalin.

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin menjelaskan makanan tersebut belum disantap oleh Jokowi dan keluarga karena telah dipisahkan oleh petugas.

Ia memastikan semua makanan yang dikonsumsi oleh rombongan Jokowi selama di Labuan Bajo aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.

"Ditemukan tiga jam sebelum jam makan Bapak Presiden sehingga bahan yang mengandung formalin itu dipisahkan."

"Hanya satu sampel itu yang mengandung formalin, selain itu semuanya aman sampai bapak (Jokowi) pulang," paparnya, Rabu (26/4/2023), dikutip dari TribunFlores.com.

Terkait tempat makan dan jenis bahan yang teridentifikasi mengandung formalin masih dirahasian oleh pihak Loka POM Manggarai Barat.

Andirusmin mengungkap ada Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menghidangkan makanan kepada Presiden untuk menghindari adanya zat-zat berbahan seperti Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

"Itu hanya sebatas identifikasi, untuk memastikan apa betul ada kandungan berbahaya harus dilakukan uji lanjut di Balai POM di Kupang untuk memastikan."

"Kalau setara Presiden ketika ada kandungan berbahaya ya untuk amannya tidak usah dihidangkan, begitu SOP nya," tegasnya.

Pengujian sampel makanan yang dilakukan tim Loka POM Manggarai Barat menggunakan alat pengujian cepat (rapid test kit).

Tim Loka POM Manggarai Barat hanya melakukan pengujian sampel makanan, kemudian makanan yang terindikasi mengandung bahan berbahaya diserahkan ke Paspamres.

"Selanjutnya diserahkan ke Paspampres untuk mengambil tindakan. Kami hanya lakukan pengujian sample," sambungnya.

Diketahui, bulan depan akan diselenggarakan KTT ASEAN Summit 2023 dan BPOM telah siap mengawal keamanan konsumsi para kepala negara dan delegasi yang akan hadir.

"Sesuai arahan ibu kepala badan kami akan mensuport kegiatan ini."

"Kami akan dilibatkan untuk melakukan pengawasan terhadap makanan yang akan disajikan kepada Presiden, Wakil Presiden dan seluruh kepala negara peserta Asean Summit, bekerja sama dengan stakeholder terkait," pungkasnya.

6 Fakta Buah Berformalin yang Nyaris Disantap Jokowi dan Keluarga, Pemkab Mabar Sidak Restoran

Sementara itu, Loka POM Manggarai Barat angkat bicara terkait jenis buah yang teridentifikasi mengandung formalin dan nyaris disantap Presiden Jokowi dan keluarga saat di Labuan Bajo.

1. Diketahui saat lakukan pemeriksaan sampel

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin mengatakan sampel buah berformalin itu ditemukan oleh petugas Loka POM gabungan 3 jam sebelum jadwal makan Presiden.

Andirusmin merahasiakan tempat kejadian dan jenis bahan yang teridentifikasi mengandung formalin tersebut.

2. Harus diuji di Laboratorium 

Untuk memastikan makanan tersebut benar mengandung formalin harus dilakukan uji laboratorium.

"Itu hanya sebatas identifikasi, untuk memastikan apa betul ada kandungan berbahaya harus dilakukan uji lanjut di Balai POM di Kupang untuk memastikan.

Kalau setara Presiden ketika ada kandungan berbahaya ya untuk amannya tidak usah dihidangkan, begitu SOP nya," kata Andirusmin, Rabu 26 April 2023.

Saat itu, lanjut dia, pihaknya hanya melakukan pengujian sample terhadap makanan yang akan disantap Kepala Negara dan keluarga, sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Selanjutnya diserahkan ke Paspampres untuk mengambil tindakan. Kami hanya lakukan pengujian sample," imbuhnya.

3. Gunakan alat pengujian cepat

Andirusmin mengatakan, saat melakukan uji sample makanan, tim Loka POM menggunakan alat pengujian cepat (rapid test kit).

Ada beberapa parameter yang diuji, antara lain Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

4. BPOM Ikut Kawal Keamanan Pangan 

Disinggung soal kesiapan BPOM jelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN Summit, Andirusmin menyatakan siap mendukung penuh event internasional dengan mengawal keamanan pangan bagi seluruh kepala negara dan delegasi yang hadir saat ASEAN Summit.

"Sesuai arahan ibu kepala badan kami akan mensuport kegiatan ini. Kami akan dilibatkan untuk melakukan pengawasan terhadap
makanan
yang akan disajikan kepada Presiden, Wakil Presiden dan seluruh kepala negara peserta Asean Summit, bekerja sama dengan stakeholder terkait," ungkapnya.

5. Pemerintah Manggarai Barat Sidak Restoran

Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui Loka POM Manggarai Barat, melakukan pengujian formalin makanan di sejumlah restoran di Labuan Bajo, pada Rabu siang.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng tak menampik pengujian makanan di sejumlah restoran itu lantaran Presiden Jokowi dan keluarga nyaris makan buah yang teridentifikasi mengandung formalin saat liburan di Labuan Bajo.

Pengujian dilakukan di enam restoran di Labuan Bajo. Hasilnya tak ada makanan yang mengandung formalin. Wabup Weng mengatakan, pihaknya ingin memastikan semua restoran di Labuan Bajo menyajikan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Ia tak ingin peristiwa itu kembali terulang, terlebih jelang penyelenggaraan KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo 9-11 Mei mendatang.

Weng juga menegaskan, semua restoran di Labuan Bajo akan diambil sample makanannya untuk diuji tim Loka POM Manggarai Barat.

"Besok kita lanjutkan lagi, semua resto yang ada di Labuan Bajo kita akan periksa semua," jelas Weng.

6. Ancam Stop Izin Restoran jika DItemukan Kandungan Formalin pada Makanan

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan menindak tegas restoran jika ditemukan kandungan formalin pada makanan.

"Kita akan berikan teguran keras kalau kita dapat, bahkan sampai kita stop izinnya. Kita tidak mau ada restoran yang mengganggu kesiapan menjelang Asean Summit," ucapnya tegas.

La Moringa, salah satu restoran yang dilakukan pengujian formalin menyatakan komitmennya untuk selalu menyajikan makanan yang aman dan higenis bagi setiap tamu yang berkunjung.

"Ini selalu menjadi motivasi kami untuk menyajikan makanan, minuman dan oleh-oleh yang aman. Kami berkomitmen untuk terus menjaga ini karena sudah ada sertifikasi dan MUI dan BPOM," kata CEO La Moringa Indonesia, dr. Andre Hartanto.

Sumber: tribunnews
Foto: Jokowi dan keluarga nyaris makan buah mengandung formalin/Instagram @jokowi, Pos Kupang/Berto Kalu
Kronologi Jokowi Nyaris Santap Buah Beracun Formalin, Ketahuan 3 Jam Sebelum Dimakan Kronologi Jokowi Nyaris Santap Buah Beracun Formalin, Ketahuan 3 Jam Sebelum Dimakan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar