Breaking News

Ekonomi RI Dikontrol China? Luhut: dari Hongkong!


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa tidak benar Indonesia dikontrol oleh China. Hal itu diungkapkan Luhut ketika banyak orang yang menyindir hal seperti tersebut khususnya di bidang perekonomian.

Luhut bilang, ketahanan perekonomian Indonesia kian meningkat. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak negara yang bisa meraih ketahanan ekonomi yang surplus dengan bekerja sama dengan China.

"Hilirisasi industri meningkatkan ketahanan perekonomian. Ini kalau anda lihat nilai pokok kita terus negatif. Ini datanya transaksi berjalan kita dulu negatif, saya ke Pak Presiden (Joko Widodo) terus saya katakan, selalu kita berapa persen negatif begini, sekarang begini surplus," ujar Luhut dalam acara 'Hilirisasi dan Transisi Energi Menuju Indonesia Emas', Jakarta, dikutip Rabu (10/5/2023).

Dia lantas mengungkapkan bahwa Indonesia mencatatkan nilai perdagangan yang surplus sejak tahun lalu. Yang mana tidak semua negara bisa seperti Indonesia yang sukses bekerja sama dengan China.

"Begitu orang bilang China kontrol kita, dari Hongkong! China kontrol kita? Dulu China itu, kita punya trade defisit US$ 27 miliar pada tahun 2018, coba cek. Tahun lalu surplus US$ 1 miliar, negara mana yang di dunia yang surplus dengan China?," tambah Luhut.

Luhut pun juga mengaku bahwa dirinya terus bolak balik ke Negara Tirai Bambu tersebut agar perekonomian Indonesia terus meningkat.

"Jangan lupa dan gak gampang saya bolak balik China itu, pokoknya duitnya masuk ke Indonesia, karena ini game changer buat kita," tandasnya.

Dengan begitu, Luhut menekankan bahwa selama ada yang bisa menguntungkan Indonesia tanpa konflik maka Luhut akan terus mengejarnya.

"Orang hantamin saya soal China, gak peduli, emang saya pikirin! Yang penting gak ada conflict of interest, I don't care, saya akan kerjakan," tutupnya.

Foto: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (Dok. Kemenko Marves)
Ekonomi RI Dikontrol China? Luhut: dari Hongkong! Ekonomi RI Dikontrol China? Luhut: dari Hongkong! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar