Breaking News

Jalan Rusak di Lampung, Zulhas ke Jokowi: Orang Hamil Lewat Bisa Melahirkan


Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mendampingi Presiden Jokowi meninjau jalan-jalan di  Lampung pada Jumat, 5 Mei 2023. Berada dalam satu mobil bersama Jokowi, Zulhas berseloroh ketika melalui jalan yang rusak parah.

"Saya mendampingi Bapak Presiden. Luar biasa jalannya," ujar Zulhas dalam video pendek yang diunggah di akun resmi @jokowi pada Jumat, 5 Mei 2023. "Ini kalau ada yang melahirkan, orang hamil bisa melahirkan, Pak," candanya. 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan ke Provinsi Lampung dalam rangka memastikan kondisi infrastruktur yang dilaporkan mengalami kerusakan berat di berbagai wilayah. 

Kunjungan tersebut dimulai dari Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, jalan nasional di sekitar Institut Teknologi Sumatera (Itera), jalan menuju daerah Kota Baru. Ruas Jalan Kotagajah-Seputih Raman-Simpang Randu-Rumbia.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa infrastruktur jalan sangat penting untuk menurunkan biaya logistik. "Ini sangat berpengaruh pada harga-harga di pasar. Infrastruktur utama jalan, karena ini menjadi kunci," tutur Jokowi. 

Karena itu, Jokowi meminta pemerintah daerah segera menangani jalanan yang rusak. Jika provinsi maupun kabupaten tidak memiliki kemampuan, penanganan masalah infrastruktur ini dapat dialihkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. 

"Utamanya jalan yang rusak parah," kata Jokowi. 

Bahkan, Jokowi mengatakan tahun ini pemerintah pusat secara khusus memberikan dana untuk perbaikan jalan rusak di Lampung sebanyak Rp 800 miliar. "Jadi khusus untuk Lampung kurang lebih untuk perbaikan 15 ruas jalan, termasuk ini akan diberikan Rp 800 miliar," kata dia.

Presiden Jokowi juga menjelaskan pembangunan 15 ruas jalan rusak tersebut akan dimulai pada Juni, sebab harus melalui masa lelang. 

"Karena harus lelang begitu saya lihat lokasi langsung memerintahkan Menteri PUPR untuk melaksanakannya, dan ini akan dimulai pekerjaannya pada Juni," ucap Jokowi.

Sumber: tempo
Foto: Ekspresi Presiden Joko Widodo atau Jokowi melintasi jalanan rusak saat kunjungan kerja di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan, Lampung, Jumat, 5 Mei 2023. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jalan Rusak di Lampung, Zulhas ke Jokowi: Orang Hamil Lewat Bisa Melahirkan Jalan Rusak di Lampung, Zulhas ke Jokowi: Orang Hamil Lewat Bisa Melahirkan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar