Breaking News

Kisah Jembatan Semanggi, Ada Cerita Horor Dibalik Keindahannya


Jembatan Semanggi yang berada di persimpangan antara Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto ternyata memiliki sejarah yang panjang.

Sesuai namanya, jembatan yang dibangun atas inisiasi Sukarno, presiden pertama Republik Indonesia ini, memiliki bentuk yang unik karena mirip daun semanggi.

Jembatan ini menghubungkan dua jalan yakni Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto.

Dikutip dari berbagai sumber, proyek Jembatan Semanggi dimulai pada tahun 1961 di era orde lama kepemimpinan Soekarno. Setahun saja proses pembangunan awal jembatan meski mengalami renovasi beberapa kali.

Jembatan Semanggi juga merupakan representasi ide Presiden Sukarno dalam membangun ide visioner menaikkan kebanggaan dan martabat bangsa Indonesia dengan menjadi tuan rumah bagi perhelatan olahraga akbar Asian Games, yang rencananya akan digelar tahun 1962.

Namun, tahukah kamu jika kabarnya jembatan ini menjadi tempat angker di Jakarta. Meskipun jembatan sudah mengalami proses renovasi, namun tetap saja dikabarkan menyeramkan.

Menurut cerita, pada malam-malam tertentu, pengendara jalan yang melintas di jembatan suka melihat penampakan sosok mahluk astral yang berada di pinggir Jembatan Semanggi atau tiba-tiba menyebrang jalan yang membuat pengendara jalan menjadi kaget.

Tidak hanya itu saja, masyarakat juga ada yang mendengar suara rintihan minta tolong diduga dari arwah-arwah dari korban kejadian yang pernah terjadi di sekitar Jembatan Semanggi. Termasuk korban kecelakaan yang pernah terjadi di sekitar Jembatan Semanggi.

Kemudian cerita menyeramkan ini diperkuat saat tragedi berdarah tahun 1998 dan 2001. Kala itu pergerakan mahasiswa sangat besar untuk menurunkan rezim orde baru dan memulai reformasi. Banyak mahasiswa atau masyarakat sipil yang harus berdemonstrasi hingga melakukan bentrokkan dengan aparat keamanan dari polisi dan TNI.

Di kawasan Jembatan Semanggi itu terkenal dengan kejadian Tragedi Semanggi I dan Tragedi Semanggi II. Total dari dua kejadian itu ada 17 nyawa manusia meninggal dunia. Kematian tersebut sangat misterius. Meskipun informasi yang beredar mereka ditembak oleh oknum polisi atau TNI.

Meskipun gemerlap mewahnya lampu-lampu di jembatan Semanggi saat malam hari, meski bagus, tapi tetap saja tersimpan misteri berdarah di Jembatan Semanggi.

Sumber: pojoksatu
Foto: Jembatan Semanggi/Istimewa
Kisah Jembatan Semanggi, Ada Cerita Horor Dibalik Keindahannya Kisah Jembatan Semanggi, Ada Cerita Horor Dibalik Keindahannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar