Breaking News

Polisi Ungkap Menyesal Tangkap 6 Pengunjuk Rasa Anti-Monarki saat Penobatan Raja Charles III


Polisi Metropolitan (The Met) telah menyatakan "penyesalan" atas penangkapan enam pengunjuk rasa anti-monarki pada saat Penobatan Raja Charles III.

Chief executive Republic Graham Smith, yang termasuk di antara kelompok tersebut, mengatakan dia sekarang telah menerima permintaan maaf secara pribadi dari petugas polisi.
Dia mengatakan dia tidak menerima permintaan maaf dan akan mengambil tindakan hukum setelah tidak ada tuntutan yang diajukan terhadapnya.

The Met juga mengonfirmasi telah menggunakan undang-undang baru yang kontroversial untuk menahan kelompok tersebut.

Smith mengatakan seorang inspektur kepala dan dua petugas lainnya mengunjungi rumahnya di Reading pada Senin (8/5/2023) malam untuk mengeluarkan permintaan maaf.

"Mereka tampak agak malu untuk jujur,” terangnya kepada kantor berita PA.

"Saya katakan sebagai catatan saya tidak akan menerima permintaan maaf. Kami memiliki banyak pertanyaan untuk dijawab dan kami akan mengambil Tindakan,” lanjutnya.

Smith sebelumnya mengatakan dia menginginkan "penyelidikan penuh" ke dalam "episode yang memalukan".

The Met mengatakan tinjauan menemukan tidak ada bukti enam pengunjuk rasa, yang ditahan ketika kendaraan mereka dihentikan di dekat rute prosesi, berencana untuk "mengunci", taktik protes yang sekarang dilarang.

Perubahan undang-undang baru-baru ini, yang disahkan minggu ini, melarang pengunjuk rasa menggunakan peralatan untuk mengamankan diri mereka ke hal-hal seperti pagar.

The Met mengatakan kelompok beranggotakan enam orang itu ditahan setelah barang-barang ditemukan di dalam kendaraan yang menurut petugas "memiliki alasan yang masuk akal untuk dipercaya dapat digunakan sebagai kunci pada perangkat".

Tetapi pasukan tersebut mengatakan "tidak dapat membuktikan niat untuk menggunakan mereka untuk mengunci dan mengganggu acara tersebut".

Seorang pria dalam kelompok itu juga ditangkap karena memiliki pisau atau benda runcing.

Met mengatakan "tidak jelas pada saat itu" bagi petugas yang menangkap bahwa "setidaknya salah satu dari kelompok yang dihentikan telah berurusan dengan polisi" tentang mengadakan protes yang sah sebelum Penobatan.

"Kami menyesalkan enam orang yang ditangkap tidak dapat bergabung dengan kelompok pengunjuk rasa yang lebih luas di Trafalgar Square dan di tempat lain di rute prosesi," lanjut pernyataan itu.

Saat ini, keenam orang itu telah dibatalkan jaminannya dan dipastikan tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil.

Smith mengatakan sebelumnya pada Senin (8/5/2023) bahwa dia telah menghabiskan waktu berbulan-bulan berkonsultasi dengan petugas tentang rencana protes kelompoknya, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter bahwa kelompoknya akan "berbicara dengan pengacara tentang mengambil tindakan hukum".

Dia mengatakan telah ditahan selama 16 jam pada pagi hari penobatan setelah dihentikan oleh petugas yang mencurigai dia dan anggota kelompok membawa perangkat "pengunci" untuk mengikat diri mereka ke benda mati.

"Mereka juga mengatakan bahwa mereka memiliki kecerdasan, yang tidak benar," katanya kepada program Today di BBC Radio 4.

"Jika mereka memang memiliki intelijen, petugas intelijen mereka berbohong atau tidak kompeten karena tidak pernah ada diskusi, pemikiran, email, pesan, apa pun yang menyarankan niat untuk melakukan sesuatu yang mengganggu,” ungkapnya.

“Setelah berbulan-bulan berdiskusi dengan Met, pasukan itu berulang kali mengatakan, sampai hari Jumat, bahwa mereka tidak mengkhawatirkan rencana protes kami, bahwa mereka sangat menyadari apa yang akan kami lakukan dan mereka akan melakukannya. terlibat dengan kami dan tidak mengganggu kami,” ungkapnya.

"Jadi mereka telah berulang kali berbohong tentang niat mereka, dan saya yakin mereka memiliki niat untuk menangkap kami sebelum melakukannya,” ujarnya.

Smith juga menolak anggapan bahwa penangkapannya, bersama dengan pengunjuk rasa lainnya, diperlukan untuk membatasi gangguan pada Penobatan.

Sebelumnya, Ketua Federasi Polisi Bertemu Ken Marsh mengatakan petugas "polisi tanpa rasa takut atau bantuan", bersikeras bahwa pasukan tersebut telah melakukan "pekerjaan luar biasa" dalam mengawasi Penobatan.

"Kita harus mempertimbangkan segala sesuatu yang ada di depan kita pada saat itu. Jika individu berniat menyebabkan insiden yang akan mempengaruhi orang lain di dekat mereka atau di sekitar mereka... maka kita mengambil tindakan untuk menghadapinya,” ujarnya kepada program Today.

"Protes dapat terjadi di negara ini, tetapi pada tingkat di mana Anda melakukan protes itulah yang harus kami seimbangkan dan tangani,” tambahnya.

Sumber: okezone
Foto: Aksi demonstrasi saat Penobatan Raja Charles III (Foto: Sky News)
Polisi Ungkap Menyesal Tangkap 6 Pengunjuk Rasa Anti-Monarki saat Penobatan Raja Charles III Polisi Ungkap Menyesal Tangkap 6 Pengunjuk Rasa Anti-Monarki saat Penobatan Raja Charles III Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar