Breaking News

Berpakaian Ala Yesus Sambil Bernyanyi Lagu Rohani Versi Punk, Waria Ini Dikecam Lecehkan Katolik


Sebuah video waria berpakaian seperti Yesus Kristus dan menyanyikan lagu The Lord’s Prayer versi punk, telah menyebar secara online. Video ini menyebabkan kegemparan publik di Filipina yang beragama Katolik.

Bahkan, menimbulkan kekhawatiran di kalangan pendukung komunitas LGBT+ di Filipina, bahwa pertunjukan tersebut dapat merusak upaya mereka untuk meloloskan RUU kesetaraan gender.

Politisi, uskup, dan warga telah muncul di media sosial serta acara bincang-bincang radio dan TV untuk mengecam apa yang mereka sebut sebagai tindakan “menghujat” oleh waria Filipina Pura Luka Vega, yang nama aslinya adalah Amadeus Fernando Pagente.

Dalam sebuah video yang diposting di Twitter, Pagente mengenakan kostum Black Nazarene sambil menari dengan tempo cepat versi Filipina dari The Lord’s Prayer di dalam sebuah klub.

Black Nazarene adalah patung kayu hitam Yesus Kristus dengan Salib yang berasal dari awal tahun 1600-an ketika Filipina masih menjadi koloni Spanyol. Patung itu dipuja dan diarak di sekitar Manila selama tontonan tahunan, yang menarik jutaan umat Katolik.

Ikon itu diyakini ajaib, dan umat beriman berdesak-desakan satu sama lain untuk menyeka patung itu dengan sapu tangan. Legenda mengatakan bahwa patung itu hangus tetapi selamat dari kebakaran di atas kapal galleon yang membawa orang Nazaret ke Filipina dari Meksiko pada tahun 1606.

Dalam video tersebut, Pagente terlihat menyeka wajahnya dengan sapu tangan, menirukan para pengikut Black Nazarene.

Pada hari Jumat, Pastor Jerome Secillano, juru bicara Konferensi Waligereja Filipina, mengatakan, pertunjukan waria itu adalah “ejekan” terhadap kepercayaan Katolik.

“Unsur suci agama tidak boleh digunakan untuk tujuan sekuler,” katanya dalam sebuah wawancara di radio DZBB. “Kami melihat bahwa itu digunakan dalam pesta pora, menari dalam pertunjukan yang disemangati oleh orang-orang di sekitarnya saat mereka merekamnya dalam video.”

Apa yang Pagente lakukan berbatasan dengan penistaan dan penistaan, kata pejabat yang mewakili Gereja Katolik yang berpengaruh secara politik itu.

“Untuk kejadian-kejadian seperti ini, cukup untuk saat ini kami telah membicarakannya dan kami telah berbicara kepada publik. Saya percaya bahwa langkah hukum belum terlihat,” kata Secillano.

Dalam pernyataan terpisah, Secillano mengatakan masyarakat harus “sangat berhati-hati dalam bertindak, terutama yang berkaitan dengan penggunaan unsur agama dan keyakinan untuk tujuan sekuler.”

“Menari mengikuti irama doa yang suci dan alkitabiah, dengan kostum suci yang serasi, benar-benar tidak menghormati bukan hanya orang dan institusi yang mempraktikkan iman seperti itu tetapi juga Tuhan sendiri. Keyakinan dan benda-benda suci bukan untuk tujuan hiburan. Mereka berguna untuk menyalurkan keinginan terdalam kita untuk meminta bantuan kepada Yang Ilahi, ”katanya.

Melalui Twitter, Pagente membela pertunjukan tersebut, dengan mengatakan “setiap orang berhak atas kebebasan berpikir, hati nurani, dan beragama.”

“Saya mengerti bahwa orang menyebut penampilan saya menghujat, ofensif, atau disesalkan. Namun, mereka seharusnya tidak memberi tahu saya bagaimana saya mempraktikkan iman saya atau bagaimana saya melakukan gaya hidup saya. Pertunjukan itu bukan untuk Anda sejak awal. Ini adalah pengalaman dan ekspresi saya, karena telah ditolak hak-hak saya.”

Kejatuhan politik

Sementara konstitusi Filipina secara khusus menyerukan pemisahan gereja dan negara, Gereja Katolik – yang memiliki lebih dari 80 persen dari 110 juta penduduk negara itu – memainkan peran utama dalam membentuk opini publik.

Gereja memiliki peran kunci dalam memecat dua presiden, mendiang diktator Ferdinand Marcos, pada tahun 1986, dan Joseph Estrada, pada tahun 2001. Baru-baru ini, gereja berbicara menentang perang narkoba Rodrigo Duterte yang menewaskan ribuan orang yang diduga pecandu dan pengedar.

Pada hari Kamis, Presiden Senat Juan Miguel Zubiri mengatakan, pertunjukan itu menyinggung keyakinan agama dan memperingatkan bahwa Pagente dapat dituntut dengan tindakan kriminal karena melanggar Pasal 201 KUHP Revisi. Undang-undang menghukum mereka yang menyinggung ras atau agama apa pun dalam pertunjukan “pertunjukan, adegan, tindakan, atau pertunjukan yang tidak senonoh atau tidak bermoral”.

“Saya percaya ini adalah bentuk pelecehan terburuk terhadap kebebasan berekspresi kami karena saat kami menonton videonya, kami seperti menyaksikan kejahatan. Ini terlalu tidak menghormati saudara dan saudari Kristen kita dan mengolok-olok kepercayaan jutaan orang Filipina,” kata Zubiri dalam sebuah pernyataan.

Pemimpin Minoritas Senat Aquilino Pimentel III juga mengecam pertunjukan tersebut dan meminta orang-orang untuk tidak membiarkan Pagente mendapat untung dari “pekerjaan tercela”.

“Biarkan mereka yang tertarik untuk menuntutnya mempelajari dasar hukum mereka. Kreativitas bukan tentang menjadi cukup berani untuk menyinggung orang. Oleh karena itu, kita tidak boleh membiarkan orang ini mendapat untung dari pekerjaannya yang tercela,” kata Pimentel kepada wartawan.

‘Masing-masing dari kita membawa bendera pelangi’

Rep. Geraldine Roman, wanita transgender pertama yang terpilih menjadi anggota kongres Filipina, menyatakan kekecewaannya atas penampilan yang “tidak sopan” dan menambahkan bahwa hal itu dapat merugikan seluruh komunitas LGBT+.

“Ingatlah selalu bahwa setiap kita membawa bendera pelangi, maka marilah kita selalu berbuat baik. Seluruh komunitas akan menderita sebagai akibat dari satu kesalahan yang kita buat. Mari bertingkah laku dengan baik. Kami memiliki segalanya untuk diperoleh jika kami melakukannya dengan baik atau bahkan lebih baik,” kata Roman dalam sebuah posting Facebook.

Anggota parlemen adalah pendukung utama RUU yang berusaha melarang diskriminasi atas dasar orientasi seksual, identitas dan ekspresi gender (SOGIE).

Roman mengatakan RUU Kesetaraan SOGIE yang diusulkan tidak dapat digunakan untuk membenarkan acara kontroversial tersebut.

“Saya ulangi, RUU itu adalah RUU antidiskriminasi sederhana yang hanya bertujuan untuk melawan diskriminasi di tempat kerja, lembaga pendidikan, dalam penyelenggaraan layanan pemerintah dan akses ke ruang dan akomodasi publik,” katanya.

Sementara RUU tersebut telah lolos dari tingkat komite di DPR, masa depannya tetap suram di Senat karena Pemimpin Mayoritas Joel Villanueva terus memblokirnya.

Mengomentari kontroversi tersebut, Senator Risa Hontiveros, ketua komite anak-anak dan perempuan dan pendukung RUU SOGIE, berkata: “Saya tahu bahwa ada banyak anggota komunitas LGBTQIA+, orang-orang beriman di antara mereka, menganggap ini sangat disesalkan,” kata Hontiveros dalam sebuah pernyataan.

“Namun, saya juga mewaspadai penggunaan insiden ini untuk menyangkal hak dan perlindungan komunitas yang telah lama terpinggirkan dan dikucilkan. Saya berharap untuk refleksi diri, kasih sayang, dan penyembuhan bagi komunitas religius dan LGBTQIA+. Perjuangan untuk [RUU] Kesetaraan SOGIE terus berlanjut,” tambahnya.

Sumber: herald
Foto: Waria Filipina Pura Luka Vega, yang nama aslinya adalah Amadeus Fernando Pagente/Net
Berpakaian Ala Yesus Sambil Bernyanyi Lagu Rohani Versi Punk, Waria Ini Dikecam Lecehkan Katolik Berpakaian Ala Yesus Sambil Bernyanyi Lagu Rohani Versi Punk, Waria Ini Dikecam Lecehkan Katolik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar