Breaking News

Ini Dia Bunker Bersejarah, Pernah Jadi Markas Hitler Susun Rencana Menginvasi Inggris


Pada sebuah lokasi terpencil di tengah belantara hutan pedalaman Prancis, seorang fotografer menyibak misteri sebuah bunker. Bukan sembarang bunker tentunya. Pasalnya di tempat itulah pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler pernah membuat suatu rencana invasi.

Ya, rencana invasi ke daratan Inggris pada era Perang Dunia II (PD II) pada tujuh dekade silam. Di bunker yang nampak terbengkalai itulah, Der Führer (sebutan Hitler), mencanangkan “Unternehmen Seelöwe” atau Operasi Singa Laut.

Disebutkan, Hitler sedianya ingin berdamai dengan Inggris pada PD II, pasca-menguasai Prancis. Hitler membuat kebijakan di mana gerak maju pasukannya disetop dan membiarkan sisa pasukan Inggris bisa menyeberang kembali ke Inggris dari Prancis via Dunkirk pada Juni 1940.

Sayangnya “niat baik” Hitler itu tak berbalas. Inggris justru kian keukeuh memerangi Nazi Jerman, hingga Hitler berencana memijakkan bala tentaranya ke daratan Britania Raya.

Sayang, rencana Hitler itu gagal akibat kekalahan besar pada “Battle of Britain”, front pertempuran udara antara RAF (Royal Air Force) atau Angkatan Udara Inggris dan Luftwaffe (AU Jerman), di mana Hitler mengalami kekalahan strategis pertamanya.

Kekuatan Luftwaffe yang melemah itu, membuat rencana Hitler menginvasi Inggris pun mustahil. Kini, bunker yang dipercaya jadi tempat Hitler merencanakan invasi itu ditemukan di suatu tempat yang dirahasiakan.

Seperti disitat Daily Mail, Senin (7/12/2015), bunker itu disingkap oleh seorang fotogragfer asal Paris, Marc Askat yang tengah hunting atau berburu karya fotografi.

Dalam foto-fotonya, Askat menyingkap segala penjuru bagian dari bunker yang sudah tertutupi rerimbunan tanaman menjalar, serta kondisi pintu-pintu dan bagian bunker yang sudah karatan.

Askat juga menyingkap sebuah terowongan rahasia di dalam bunker itu yang punya ukuran panjang enam mil dan berada 89 kaki di bawah tanah.

Sayangnya, Askat tak bisa menyebutkan di mana lokasi bunker yang pernah jadi komando pusat Hitler di luar Jerman tersebut.

Pasalnya, ternyata bunker itu masih dipakai sebagai salah satu fasilitas latihan komando pasukan Prancis. Tepatnya pasukan elite Légion Étrangère atau Legiun Asing Prancis.

Sumber: okezone
Foto: Bunker Bersejarah, Pernah Jadi Markas Hitler Susun Rencana Menginvasi Inggris/Daily Mail
Ini Dia Bunker Bersejarah, Pernah Jadi Markas Hitler Susun Rencana Menginvasi Inggris Ini Dia Bunker Bersejarah, Pernah Jadi Markas Hitler Susun Rencana Menginvasi Inggris Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar