Breaking News

Menuju Pilpres 2024, Natalius Pigai Blak-blakan Soal 3 Sosok Capres: Jangan Serang Pribadi Mereka


Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai menyoroti tiga sosok yang dikabarkan bakal maju dalam Pilpres 2024 mendatang menjadi calon presiden (capres).

Adapun ketiga sosok tersebut yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Capres dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dan Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Hal tersebut ditanggapi Natalius Pigai melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Natalius Pigai mengungkapkan bahwa sosok yang diusung maju Pilpres 2024 justru saling memberikan pujian.

"Tiga calon presiden terbaik yang akan menjadi presiden RI 2024-2029 (Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan). Mereka saling memuji," ujar Natalius Pigai dikutip Suara Liberte dari akun Twitter pribadi miliknya @NataliusPigiai2, Senin (17/7).

Lebih lanjut, Natalius Pigai menegaskan bahwa jangan sampai ada serangan pribadi terhadap tiga sosok tersebut. Jika ingin memberikan kritik, maka kritiklah gagasan dan kebijakan, bukan dari pribadinya.

"Jangan serang pribadi mereka. Kritik saja soal gagasan dan kebijakan karena kita milih bukan orangnya tapi kita menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan. Saya milih jalan tidak menyerang kehormatan," tandasnya.

Sementara itu, diketahui bahwa terkait tiga bakal capres terkemuka tersebut, hasil survei elektabilitas dari LSN secara nasional menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 38,5 persen, Ganjar 32,8 persen, dan Anies 21,9 persen.

Survei tersebut digelar pada 24 Mei hingga 3 Juni 2023 di 34 provinsi. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP. Total ada sebanyak 1.420 responden.

LSN mengambil responden melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling). Dengan klaim margin of error +/- 2,6 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner. Responden diberikan pertanyaan tertutup dengan simulasi terhadap tiga bacapres, yakni Prabowo, Ganjar, dan Anies.

"Seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) dan hanya diikuti tiga capres di bawah ini, siapakah yang Anda pilih?". Survei menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 38,5 persen, Ganjar 32,8 persen, dan Anies 21,9 persen.

"Secara umum, secara nasional menunjukkan bahwa lambat tapi pasti elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami kenaikan. 

Sementara itu, meskipun elektabilitas Ganjar Pranowo sempat anjlok pasca gonjang-ganjing Piala Dunia U-20, namun secara umum cenderung mandek atau stagnan. 

Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan memperlihatkan tren yang terus menurun," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara dalam paparan surveinya secara virtual, Minggu (11/6/2023).

Sumber: suara
Foto: Natalius Pigai/Net
Menuju Pilpres 2024, Natalius Pigai Blak-blakan Soal 3 Sosok Capres: Jangan Serang Pribadi Mereka Menuju Pilpres 2024, Natalius Pigai Blak-blakan Soal 3 Sosok Capres: Jangan Serang Pribadi Mereka Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar