Breaking News

Anies Tirukan Salam Merdeka Soekarno: Yang Benar Tangan Terbuka, Bukan Mengepal


Bakal calon presiden Anies Baswedan mengikuti upacara bendera memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 78 di Waduk Lebak Bulus, kawan tempat tinggalnya, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan pada (17/8/2023).

Saat upacara berlangsung, Aneis diberikan kesempatan untuk memberikan pidato sebagai pembina karang taruna setempat. Dia kemudian mengikuti peserta upacara untuk memekikkan salam kemerdekaan.

"Izinkan saya mengajak semua untuk memekikkan salam kemerdekaan salam kebangsaan. Tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa salam kebangsaan itu tangannya tidak mengepal," katanya.

Anies menyebut salam kemerdekaan versi Presiden pertama Soekarno adalah dengan tangan terbuka, bukan terkepal.

"Salam kebangsaan itu ada dengan tangan terbuka, itulah yang ditunjukkan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, pada tanggal 31 Agustus 1945," ujarnya.

Menurutnya, salam kemerdekaan dengan tangan terbuka memiliki makna pesan hangat bagi semuanya.

"Pekik merdeka dengan tangan terbuka yang mengirimkan pesan kita memberikan salam hangat kepada semua. Saya akan ucapkan kalimat kata merdeka dan kita semua ikuti bersama-sama. Salam kebangsaan, merdeka, merdeka, merdeka," seru Anies yang diikuti peserta upacara.

"Alhamdulillah kita bersama-sama lempangkan salam merdeka itu tidak dengan tangan mengepal, tapi dengan tangan terbuka. Sebuah salam yang dengan mudah dijawab dengan rasa kebersamaan," imbuhnya.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan sampaikan salam kemerdekaan Soekarno. (Suara.com/Yaumal)
Anies Tirukan Salam Merdeka Soekarno: Yang Benar Tangan Terbuka, Bukan Mengepal Anies Tirukan Salam Merdeka Soekarno: Yang Benar Tangan Terbuka, Bukan Mengepal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar