Breaking News

Duduk Perkara Refly Harun Ikut Rocky Gerung Dipolisikan Relawan Jokowi


Pernyataan Rocky Gerung yang diduga menghina Presiden Joko Widodo alias Jokowi kini juga berimbas ke sosok ahli hukum tata negara, Refly Harun. 

Diketahui bahwa Rocky Gerung dilaporkan oleh Relawan Jokowi sebagai buntut atas pernyataan miringnya yang mengkritisi Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Rocky dalam pernyataannya tersebut terang-terangan menggunakan istilah sumpah serapah yang bernuansa menghina sang Presiden.

Pelaporan tersebut diketahui juga dialamatkan kepada sosok Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun.

Refly Harun disebut ambil andil

Ketua Relawan Indonesia Bersatu (RIB), Lisman Hasibuan, kepada wartawan, Selasa (1/8/2023) menilai bahwa Refly juga ikut ambil andil dalam pernyataan Rocky Gerung.

Diketahui bahwa Refly mengunggah video narasi Rocky Gerung yang memuat sumpah serapah tersebut.

Refly dituding mewadahi video yang memuat ujaran kebencian oleh Rocky Gerung yang dialamatkan kepada sang Presiden. Lisman juga turut menilai bahwa Refly menimbulkan kegaduhan hingga memprovokasi dan menggiring opini masyarakat untuk memandang negatif program sang Presiden seperti Ibu Kota Negara baru atau IKN.

Adapun laporan tersebut diterima oleh Polda Metro Jaya, pada Senin (31/7) malam.

Refly Harun bela Rocky tak menghina presiden

Refly kini angkat bicara terhadap langkah hukum yang ditempuh oleh para Relawan Jokowi.

Bagi Refly, pernyataan Rocky tak bisa dianggap penghinaan. Refly juga menegaskan bahwa pihak yang berusaha melaporkannya dan Rocky ke polisi harus bisa membedakan mana kritik dan mana penghinaan.

"Rasanya beda penghinaan dan kritik, makna bajingan itu adalah penarik gerobak, kalau bajingan pintar itu bukan penghinaan rasanya," ujar Refly Harun seperti yang dikutip dari kanal YouTube Refly Harun, Selasa (1/8/2023).

Refly menilai bahwa Jokowi harus menerima kritik pedas terhadap kinerjanya seperti yang diutarakan oleh Rocky Gerung.

"Dalam demokrasi enggak boleh seperti itu, demokrasi kritik yang paling pedas harus di terima," kata Refly.

Refly juga turut mencontohkan sosok tokoh Umar bin Khattab dalam perihal menerima kritik.

"Coba bayangkan Umar bin Khattab ketika dilantik ada yang bilang, pedang ini yang akan memenggal lehermu kalau menyimpang, itu bukan la penghinaan tapi ancaman pembunuhan tapi Umar melihat itu bukan penghinaan tapi peringatan," imbuhnya.

Pernyataan kontroversial Rocky Gerung yang dinilai hina presiden

Adapun pernyataan Rocky tersebut dilontarkan untuk mengkritik program IKN Jokowi.

Rocky menilai bahwa presiden tak peduli dengan kepentingan publik kala mencanangkan program itu. Sontak, Rocky tak segan menghina kecerdasan Jokowi dan memanggilnya dengan sumpah serapah.

"Dia menawarkan IKN, mondar-mandir ke koalisi, untuk mencari kejelasan nasibnya, dia mikirin nasibnya bukan nasib kita, itu b**** yang t***l, sekaligus b****pengecut," ujar Rocky dalam video viral.

Sumber: suara
Foto: Ahli hukum tata negara, Refly Harun/Net
Duduk Perkara Refly Harun Ikut Rocky Gerung Dipolisikan Relawan Jokowi Duduk Perkara Refly Harun Ikut Rocky Gerung Dipolisikan Relawan Jokowi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar