Breaking News

Kalau Anies Jadi Cawapres Prabowo, Kamu Setuju?


LSI Denny JA merilis survei terkait pemilihan presiden tahun 2024. Salah satu aspek yang menarik adalah nama bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan tak diikutsertakan dalam simulasi survei capres.

Dalam rilis survei yang dipublikasikan pada Senin (31/7/2023), Anies malah masuk ke dalam bursa cawapres untuk Ketum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Dalam surveinya, LSI Denny JA menyorongkan sejumlah nama cawapres bagi bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo dan Prabowo yang berasal dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Beberapa nama itu dianggap potensial untuk mendongkrak elektabilitas Ganjar dan Prabowo sebagai dua nama bakal capres teratas dalam survei-survei LSI Denny JA sebelumnya. Beberapa nama itu, dianggap bisa menutupi kekurangan Ganjar dan Prabowo, baik dari segi elektabilitas pada persebaran wilayah maupun kemampuan dalam isu tertentu terutama ekonomi.

Dari sejumlah nama itu, LSI Denny JA menganggap Anies Baswedan bisa menjadi cawapres Prabowo Subianto jika gagal mendapat tiket maju dalam pencalonan presiden.

"Anies Baswedan juga dapat dipertimbangkan sebagai cawapres jika ia gagal mendapatkan tiket capres," demikian dikutip dari rilis LSI Denny JA.

Selain Anies, sosok cawapres yang dianggap mampu menambal kekurangan Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi), Airlangga Hartarto (Ketum Golkar dan Menko Perekonomian), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), dan Erick Thohir (Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN).

Nama Gibran dan Khofifah menurut LSI Denny JA dianggap mampu menambal kekurangan Prabowo untuk memperkuat basis pemilih di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pasalnya, menurut survei mereka, Prabowo tertinggal dari Ganjar di dua provinsi itu.

Sedangkan, nama Erick dan Airlangga masuk dalam bursa cawapres Prabowo untuk memperkuat isu ekonomi. Airlangga dianggap potensial karena selain sebagai Ketua Umum Partai Golkar, dia juga memiliki kapasitas pada isu ekonomi.

"Airlangga juga memiliki akses ke sumber dana," demikian penjelasan LSI Denny JA.

Sementara, beberapa nama potensial cawapres untuk mendampingi Ganjar, ada Khofifah Indar Parawansa dan Ridwan Kamil (politikus Golkar, Gubernur Jawa Barat). Keduanya dinilai masing-masing bisa memperkuat basis pemilu di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Sedangkan untuk isu ekonomi, LSI Denny JA menyorongkan tiga nama bagi Ganjar, yakni Erick, Sandiaga Uno (Politikus PPP dan Menparekraf), dan Airlangga. Ganjar juga dianggap perlu mencari cawapres dari kelompok NU. Namun, LSI Denny JA tak mengungkap beberapa nama tersebut.

Foto: Anies Prabowo
Kalau Anies Jadi Cawapres Prabowo, Kamu Setuju? Kalau Anies Jadi Cawapres Prabowo, Kamu Setuju? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar