Breaking News

Adu Kemewahan dan Gaya Hidup Sultan Brunei Darussalam vs Raja Arab Saudi, Segini Perbandingan Kekayaannya


Beberapa negara ada yang masih menganut sistem monarki yang dipimpin raja atau bangsawan, seperti Arab Saudi dan Brunei Darussalam.

Arab Saudi dipimpin oleh Raja Salman bin Abdul Aziz, sedangkan Brunei Darussalam dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah. 

Kedua pemimpin ini dikenal dengan kehidupan yang penuh dengan kemewahan dan memiliki kekayaan yang fantastis.

Berikut perbandingan kekayaan antara Sultan Brunei Darussalam dan Raja Arab Saudi, yang dikutip dari kanal YouTube Update Pro.

1. Tempat Tinggal

Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah tinggal di sebah istana Bernama Nurul Iman.

Istana tersebut didominasi sebuah bangunan putih besar serta kubah emas dan sebuah menara

Istana Nurul Iman dibangun dalam waktu 2 tahun dan mengahabiskan baiya sekitar USD$1 miliar  atau setara Rp15 triliun.

Didalamnya berisi 1788 bangunan dan seluruh ruang di istana luasnya 200.000 meter persegi.

Bahkan, Istana Nurul Iman tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai tempat tinggal pemimpin negara terbesar di dunia.

Sementara itu, istana Raja Arab memiliki banyak istana yang tersebar di berbagai daerah di Arab Saudi.

Sebagian istana digunakan untuk tempat tinggal, atau sebagai museum. Raja Salman memiliki 5 istana dengan interior yang mewah.

Yang pertama adalah Erga Palace, yang digunakan untuk tempat kerja Raja Salman. Di dalamnya berisikan pernak-pernik berlapis emas.

Yang kedua adalah Tuwaiq Palace, yang digunakan untuk pertunjukan festival budaya mengenalkan adat istiadat Arab Saudi. Tiga istana lainnya adalah Barzan Palace, Istana Qishlah dan Shadda Palace.

2. Harta Kekayaan

Sultan Hassanal Bolkiah memiliki harta kekayaan mencapai US$28 miliar atau setara Rp411 triliun. Sumber kekayaannya dari bisnis ekspor minyak dan gas alam.

Konon, pendapatan ayah dari Pangeran Mateen ini bisa mencapai Rp1,5 juta per detik aset minyak. Dari kekayaan tersebut, Sultan Hassanal kerap hidup penuh kemewahan.

Salah satunya ia menghabiskan 19.000 poundsterling atau Rp1,6 miliar untuk menerbangkan penata rambut favoritnya ke Brunei menggunakan jet pribadi yang dihiasi ornamen emas.

Sultan Brunei  Darussalam juga memiliki rolls Royce super yang dilapisi emas 24 karat.

Harga mobil ini ditaksir mencapai US$14 juta atau Rp200 miliar. Selain itu, ia juga memilki koleksi mobil langka, mulai dari Ferarri, Bentley hingga Lamborghini.

Sementara itu, harta kekayaan Raja Salman mencapai US$18 miliar atau setara Rp255 triliun. Namun, kekayaan keluarga Arab Saudi sangatlah berbeda.

Keluarga Kerajaan Arab Saudi memiliki kekayaan mencapai US$1,5 atau setara Rp21.000 triliun. Kekayaan tersebut diakumulasi sejak tahun 1700 hingga saat ini.

Kekayaan Raja Arab meningkat setelah dimulainya eksplorasi minyak besar-besaran di negara tersebut. Tak heran jika keluarga Al-Saud disebut keluarga terkaya di dunia.

Terkait koleksi mobil Raja Salman pun tak terumbar ke publik. Namun menurut beberapa sumber, Raja Arab Saudi ini memiliki sejumlah mobil mewah seperti Ferarri, Mercedes Maybach, dan truk klasik.

Sumber: hops
Foto: Harta kekayaan Raja Arab Saudi dan Sultan Brunei Darussalam (Kolase Instagram @raja_salman_bin_abdul_aziz dan YouTube Update Pro)
Adu Kemewahan dan Gaya Hidup Sultan Brunei Darussalam vs Raja Arab Saudi, Segini Perbandingan Kekayaannya Adu Kemewahan dan Gaya Hidup Sultan Brunei Darussalam vs Raja Arab Saudi, Segini Perbandingan Kekayaannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar