Breaking News

Kini Para Anak Muda Bisa Sampaikan Ide, Gagasan, & Harapannya untuk Bakal Capres Melalui Platform Gagasan Kita


Para anak muda yang ingin menyampaikan ide dan gagasan kepada para bakal calon presiden (capres) kini bisa menyalurkannya melalui platform Gagasan Kita di website gagasankita.id.

Platform ini telah diluncurkan di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jumat (29/9/2023). Sekitar 400 anak muda dari berbagai latar belakang hadir dalam launching platform ini. Bahkan, ada beberapa anak muda dari Universitas Jember yang datang langsung dari Jember, Jawa Timur. Ada juga yang datang dari Aceh. Sementara itu, usia anak muda yang hadir juga beragam mulai dari anak SMA, kuliah, dan mereka yang sudah bekerja.

Para anak muda yang hadir juga menuliskan ide, gagasan, dan harapannya dalam kertas kecil (sticky notes) yang ditempelkan di papan (white board).

Melalui platform Gagasan Kita, para anak muda diharapkan memiliki kesetaraan dalam menyuarakan ide, gagasan, harapan, dan solusi untuk mengatasi permasalahan bangsa.

Beberapa tulisan di sticky notes yang berwarna-warni itu misalnya: Program inkubator UMKM yang inklusif; Simple tanya saja rakyat maunya apa; Poros Asean dan dunia itu Indonesia, dan ratusan tulisan lainnya yang tertempel di papan.


Platform ini diluncurkan oleh Ubah Bareng, sebuah gerakan kolektif kepemudaan untuk menghadirkan perubahan melalui pemilu 2024. Website Gagasan Kita memfasilitasi seluruh anak muda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam pembentukan masa depan bangsa.

Website ini juga menjadi platform untuk menyuarakan dan menitipkan gagasan kepada Capres Anies Baswedan, serta berinteraksi dengan ragam gagasan yang terkumpul.

Pada saat peluncuran, beberapa anak muda berkesempatan menyampaikan ide, gagasan, dan harapannya terhadap para pemimpin ke depan. Website Gagasan Kita dikelompokkan ke dalam delapan tema besar yang menjadi tantangan saat ini, meliputi ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, hukum dan demokrasi, diplomasi dan hankam, sosial dan budaya, serta desa dan kota.

Selain itu, website ini memiliki tampilan yang menyerupai sticky notes, sehingga memberikan pengalaman interaktif layaknya memberikan masukan secara langsung oleh pengguna kepada Anies Baswedan.

"Kami luncurkan platform berupa website yang kata kuncinya adalah kolaborasi, yaitu Gagasan Kita. Ini adalah bentuk nyata kolaborasi antara bakal capres dan bangsa yang akan dipimpinnya nanti," ujar M. Ghifari Fachreziansyah sebagai salah satu penggerak Ubah Bareng, Senin (3/10/2023).

Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan memberikan sambutannya melalui rekaman video. Anies mengapresiasi dan terimakasih atas kesediaan anak muda dalam peluncuran platform Gagasan Kita.

"Republik ini tidak dapat dilepaskan dari kontribusi besar anak-anak muda yang menjadi pendorong utama perubahan sosial dan pembangunan. Di mana setiap episode kehidupan bangsa selalu diwarnai oleh kiprah anak-anak muda. Ke depannya tantangan yang kita hadapi makin besar seperti bagaimana membuat biaya hidup menjadi terjangkau, layanan kesehatan yang merata, ketersediaan lapangan pekerjaan, penataan pembangunan, akses pendidikan berkualitas untuk semua, termasuk tantangan atas krisis iklim," kata Anies.

Menurutnya, solusi yang diharapkan adalah gagasan dan terobosan yang penuh dengan kebaruan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh bangsa.

"Insyaallah Gagasan Kita ini akan menjadi platform bagi anak-anak muda untuk menyuarakan gagasannya untuk selanjutnya gagasan itu bisa diterjemahkan menjadi aksi nyata yang memberikan dampak. Mari kita jadikan platform ini sebagai ruang untuk berpartisipasi menyuarakan aspirasi dan menyambungkan dan menghubungkan harapan." (Sepudin Zuhri)
Kini Para Anak Muda Bisa Sampaikan Ide, Gagasan, & Harapannya untuk Bakal Capres Melalui Platform Gagasan Kita Kini Para Anak Muda Bisa Sampaikan Ide, Gagasan, & Harapannya untuk Bakal Capres Melalui Platform Gagasan Kita Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar