Breaking News

Acara Kongres Desa di Jogja Bakal Dihadiri Ganjar Pranowo, Bawaslu DIY Siap Lakukan Pengawasan


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan bakal melakukan pengawasan pada acara yang menghadirkan capres atau cawapres. Termasuk pada acara Kongres Desa yang rencananya menghadirkan calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo.

Berdasarkan undangan yang telah tersebar, Ganjar disebut akan hadir dalam acara Kongres Desa di Gedung Ganesha APMD, Kota Yogyakarta, Rabu (22/11/2023) esok.

"Ya pasti kita melakukan dua hal, imbauan dan mengawasi. Imbauan itu untuk mencegah terjadinya pelanggaran, setelah itu kita akan terjunkan pengawas untuk mengawasi memastikan tidak ada pelanggaran di sana," ujar Ketua Bawaslu DIY Mohammad Najib ditemui di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kota Yogyakarta, Selasa (21/11/2023).

Sebenarnya, diungkapkan Najib, tidak ada kewajiban atau ketentuan dari panitia acara untuk mengundang Bawaslu. Mengingat kegiatan itu tidak berkaitan dengan acara kampanye salah satu pasangan calon untuk Pilpres 2024.

Pasalnya masa kampanye baru akan resmi dimulai pada 28 November 2023 mendatang. Kendati demikian, pihaknya akan tetap datang untuk melakukan pengawasan.

Acara Kongres Desa itu sendiri mengusung tema 'Transformasi Desa: Desa Berdaulat Menuju Indonesia Emas 2045'. Bertujuan untuk memastikan bahwa Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045 berbasis pada kemajuan dan kedaulatan desa.

"Mengingat itu bukan kampanye ya jadi enggak ada kewajiban itu [mengundang Bawaslu]. Namun prinsipnya kan begini, enggak ada aktivitas yang menyerupai kampanye sebelum masa kampanye," kata dia.

"Namun karena itu ada potensi pelanggaran makanya kita kemudian melakukan dua hal tadi mengimbau agar aktivitasnya tidak disalahgunakan untuk aktivitas kampanye, yang kedua kita akan hadir untuk mengawasi," imbuhnya.

Kehadiran Bawaslu di acara tersebut sebagai bentuk antisipasi timbulnya polemik dan mencegah potensi pelanggaran. Bawaslu DIY akan memerintahkan jajarannya di Kota Jogja untuk hadir dan mengawasi kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Najib mengimbau seluruh kepala desa dan perangkatnya yang diundang hadir pada acara tersebut dapat tetap menjaga netralitas. Tidak hanya saat kegiatan esok saja tapi hingga Pemilu nanti selesai.

Apalagi sebelumnya para lurah atau kepala desa beserta perangkatnya di seluruh DIY telah diberikan arahan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu. Mereka diminta dapat menjaga netralitas sepanjang perhelatan pesta demokrasi nanti.

Jika kemudian di acara besok ada temuan ketidaknetralan para lurah, kata Najib, pihaknya akan langsung melaporkan ke instansi terkait.

"Kalau [besok] ada pelanggaran tentu itu bukan pelanggaran pemilu ya, tapi pelanggaran netralitas. Kita akan meneruskan ke lembaga yang punya kewenangan untuk menindak pelanggaran itu [Pemda], kan mereka ASN," tandasnya.

Informasi yang sejauh ini didapat termasuk dari pihak panitia, Ganjar akan menghadiri acara tersebut. Hingga siang ini tidak akan konfirmasi dari eks Gubernur Jawa Tengah itu untuk pembatalan kehadiran.

Dalam undangan yang beredar, Ganjar tidak sendirian. Disebutkan pula bakal dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Aria Bima dari Komisi VI DPR RI.

Selain itu dicantumkan pula acara itu bakal dihadiri pejabat dari Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Namun belum ada informasi lebih lanjut siapa yang akan hadir.

Sumber: suara
Foto: Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menghadiri acara Sarasehan Nasional Alumni Universitas Negeri Makassar, Sabtu (18/11/2023). [Istimewa]
Acara Kongres Desa di Jogja Bakal Dihadiri Ganjar Pranowo, Bawaslu DIY Siap Lakukan Pengawasan Acara Kongres Desa di Jogja Bakal Dihadiri Ganjar Pranowo, Bawaslu DIY Siap Lakukan Pengawasan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar