Breaking News

Diprediksi yang Bertarung di Putaran Kedua Prabowo vs Anies, Tapi Ormas Islam Cenderung Pilih No 2


Elektabilitas Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran kembali unggul dibandingkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.

Dan jika Pilpres dua putaran, yang akan melaju ke putaran kedua kemungkinan pasangan Anies-Muhaimin dengan Prabowo-Gibran.

Berdasarkan hasil rilis survei Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang dirilis Senin (27/11/2023) yang dilakukan pada periode 1-10 November 2023 dengan wilayah sebaran sampel tersebar di 38 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Adapun, jumlah sampel sebanyak 2178 responden dilakukan dengan teknil sampel Multistage Random Sampling dibantu dengan Bantuan Kuisioner. Margin of Error survei ini kurang lebih 2,1% dengan Level of Confidence sebesar 95%.

Hasil survei, pasangan Prabowo-Gibran tampil sebagai pemenang dalam pertarungan tiga paslon dengan perolehan 43,0%.

Sementara, posisi kedua ditempati oleh Ganjar-Mahfud dengan suara 26,1%. Sedangkan pasangan Capres- Cawapres Anies-Muhaimin mendapat sebesar 22,7%.

"Ada selisih yang lebar 16,9% antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud,” kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara.

Menurutnya, pasangan Ganjar-Mahfud mengalami kondisi yang stagnan dan semakin tertinggal jauh.

Bahkan, kata dia, jika terjadi pilpres dua putaran, yang akan bertarung hanya tersisa pasangan calon Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin

"Survei SPIN juga turut menganalisa jika terjadi pilpres dua putaran, yang akan bertarung hanya tersisa pasangan calon Prabowo-Gibran versus Anies-Muhaimin," tuturnya.

Selain itu, kata dia, diperediksikan sejumlah Ormas Islam bakal lebih condong menjatuhkan pilihannya pada pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran.

Dalam data survei dipaparkan Igor bahwa Warga Nahdlatul Ulama (NU) memilih Prabowo Gibran mencapai 42,2%. Dan Ganjar-Mahfud hanya dilirik 27,0% dan Anies-Muhaimin 26,6%.

Kemudian, untuk warga Muhammadiyah, sebesar 34,5% memilih paslon Prabowo-Gibran, 27,0% Ganjar-Mahfud dan 26,6% Anies-Muhaimin.

Dan, Ormas islam lainnya sebanyak 40,0% memilih Prabowo-Gibran, 20,0% Ganjar-Mahfud dan 40,0% Anies-Muhaimin.

Sementara, di luar ormas keagamaan sebanyak 40,0% menjatuhkan pilihan pada paslon Prabowo-Gibran, 32,2% pada Ganjar-Mahfud dan 22,7% pada Anies-Muhaimin.

"Dari seluruh publik yang merasa warga NU, warga Muhammadiyah dan bukan warga ormas keagamaan cenderung lebih besar menjatuhkan pilihannya kepada paslon Prabowo-Gibran,” jelas Igor.***

Sumber: pojoksatu
Foto: Momen pertemuan Prabowo dengan Anies saat pengundian nomor urut capres cawapres 2024. Jika pilpres dua putaran, keduanya yang bertarung. (Istimewa)
Diprediksi yang Bertarung di Putaran Kedua Prabowo vs Anies, Tapi Ormas Islam Cenderung Pilih No 2 Diprediksi yang Bertarung di Putaran Kedua Prabowo vs Anies, Tapi Ormas Islam Cenderung Pilih No 2 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar