Breaking News

Hadapi Hamas, Israel Habiskan Biaya Perang Rp 4 Triliun Setiap Hari


Israel mengeluarkan biaya cukup besar untuk mengongkosi perang mereka menghadapi pejuang Hamas. Mereka dilaporkan menghabiskan biaya sekitar $260 juta atau sekitar Rp4,084 triliun per hari.

Jika dihitung mulai 7 Oktober, maka saat ini, perang sudah memasuki hari ke-37. Itu berarti Israel sudah menghabiskan setidaknya Rp148 triliun.

Biaya ini diklaim lebih mahal dibandingkan perkiraan awal dan kini sudah membebani keuangan publik. Pemberian dana kontroversial inilah yang memicu perdebatan nasional dan membuat pasar gelisah ketika Menteri Keuangan Bezalel Smotrich bersiap dalam beberapa hari untuk mengumumkan anggaran baru untuk sisa tahun 2023 dan kemudian menyajikan rencana untuk tahun depan.

Program pengeluaran Israel mencakup apa yang disebut “dana koalisi,” atau pengeluaran diskresi yang diperuntukkan bagi lima partai di pemerintahan Benjamin Netanyahu.

Dana transfer sebesar 14 miliar shekel ($3,6 miliar) yang disetujui pada Mei lalu sebagian akan disalurkan ke sekolah-sekolah agama – beberapa di antaranya dikecualikan dari pengajaran mata pelajaran seperti bahasa Inggris dan matematika. Proyek favorit lainnya termasuk pembangunan pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

Meskipun jatah khusus tersebut hanya sebagian kecil dari total anggaran tahun 2023-2024, jatah khusus tersebut telah menjadi penanda persaingan prioritas pada saat Israel menghadapi konflik bersenjata terburuk dalam setengah abad.

Apa yang terjadi pada dana koalisi mungkin menentukan seberapa lunaknya pasar terhadap pemerintah yang telah menyaksikan perang ini menimbulkan kerugian ekonomi hampir $8 miliar, menurut perkiraan Kementerian Keuangan.

“Selama pemerintah tetap berpegang pada dana koalisinya, pemerintah akan membayar utangnya lebih banyak,” kata Rafi Gozlan, kepala ekonom di IBI Investment House dikutip dari Shafaq.

Sumber: herald
Foto: Perang Israel dan Palestina/Net
Hadapi Hamas, Israel Habiskan Biaya Perang Rp 4 Triliun Setiap Hari Hadapi Hamas, Israel Habiskan Biaya Perang Rp 4 Triliun Setiap Hari Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar