Breaking News

Ketua KPK Firli Bahuri Tersandung Kasus Korupsi, Bambang Widjojanto: 500 Orang Pernah Tolak Dia Jadi Pimpinan KPK


Baru-baru ini Polda Metro Jaya menetapkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Firli Bahuri menjadi tersangka dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Terkait ditangkapnya Firli Bahuri atas kasus tersebut, Bambang Widjojanto yakni mantan Komisioner KPK mengungkap sosok Firli Bahuri dan sepakterjangnya di KPK sebelum terciduk kasus korupsi.

Diwawancarai Rey Utami dan Pablo Benua, Bambang Widjojanto mengatakan bahwa yang dilakukan Firli Bahuri merupakan tindak kejahatan tertinggi yang dilakukan personil KPK.

"Dia (Firli Bahuri) sebagai penegak hukum menyalahgunakan wewenangnya melakukan pemerasan atas tindak pidana korupsi . jadi ada mantan menteri pertanian yang diduga melakukan pemerasan untuk mendapatkan gratifikasi, kemudian diperas lagi. Jadinya oemeras dan diperas. Dan dia otoritasnya penegak hukum," ujar Bambang, seperti dikutip dari laman Youtube Reyben Entertaiment Senin 27 November 2023.

Ia melanjutkan bahwa sosok Firli Bahuri memang sejak awal ditolak mentah-mentah sebagai pimpinan KPK.

"Pak Firli ini sejak awal pernah ditolak. Sudah ada 500 orang kala itu yang tandatangan menolak dari dalam bahwa dia tidak pantas jadi pimpinan KPK, ujar Bambang.

Tak cuma itu, Bambang juga menyebut bahwa ada banyak fakta, salah satunya bahwa dia sudah terbukti oleh pengawas internal telah melakukan pelanggaran etik.

"Tapi sebelum dibawa ke majelis kehormatan kode etik, dia mengundurka diri. Dan itu ada catatannya," kata Bambang.

Dan ketiga ada banyak dari kasus tersebut banyak yang keberatan karena ada banyak informasi.

"Contohnya ketika kasus Newmont dia di duga keras bertemu dengan Tuan Guru Bajang, padahal kala itu dia udah jadi tersangka atau potensial menjadi suspect," ujarnya.

"Menurut saya orang yang sudah melakukan kejahatan tertinggi, apa mungkin tidak pernah melakukan kejahatan sebelumnya? Apa mungkin juga tidak diketahui?," lanjutnya.

Pablo juga menanyakan sikap Firli Bahuri yang seakan mengabaikan sikap etik dirinya yang cuek bertemu dengan para tersangka di ruang publik.

Firli Bahuri merombak sistem KPK dem lancarkan aksinya

Bambang juga menyebut bahwa selama menjabat Firli juga berupa untuk merombak sistem KPK untuk melancarkan aksinya.

"Dulu di kami itu ada zero tolerance. Jadi ada pengawas internal dan itu dulu sangat powerfull banget. Dan dulu ada wadah pegawai yang mengontrol itu, tapi sekarang udah dihapuskan, sama pak Firli sendiri."

Padahal menurut Bambang, wadah pegawai itu salah satu sistem yang dibangun untuk check and Balance.

"Terus yang kedua seperti yang saya bilangin itu ada pengawas internal sangat powerfull, ada majelis kode etik, sekarang udah dewan pengawas, orang hebat semua di dewan pengawasnya, tapi memalukan," tutup Bambang. 

Sumber: hops
Foto: Kolase Fili Bahuri dan Bambang/Net
Ketua KPK Firli Bahuri Tersandung Kasus Korupsi, Bambang Widjojanto: 500 Orang Pernah Tolak Dia Jadi Pimpinan KPK Ketua KPK Firli Bahuri Tersandung Kasus Korupsi, Bambang Widjojanto: 500 Orang Pernah Tolak Dia Jadi Pimpinan KPK Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar