Breaking News

Mendadak UAS Didatangi Rombongan Jenderal Polri


Ustaz Abdul Somad atau yang kerap dikenal dengan nama UAS, mendadak didatangi oleh rombongan jenderal polisi di Pekanbaru, Riau, Selasa (21/11/2023). Rombongan jenderal Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Nusantara Cooling System (NCS) ini mendatangi UAS dengan maksud baik.

Mereka menemui UAS untuk mengajak bekerja sama melakukan pengamanan jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Pertemuan UAS dan para jenderal polisi ini terjadi di Pesantren Nurul Azhar.

Kasatgas Operasi NCS, Irjen Asep Edi Suheri Asep menjadi pemimpin pertemuan dengan UAS. Jenderal bintang dua ini menemui sang ulama bersama rombongan jenderal polisi lainnya yang berpangkat Brigadir Jenderal Polri atau Jenderal bintang satu.

Lantas, seperti apakah profil dan biodata UAS? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada 18 Mei 1977. Sosoknya dikenal sebagai penceramah yang sering mengangkat berbagai macam masalah agama, seperti kajian hadis, ilmu fikih, dan tema-tema kebangsaan.

UAS sendiri mempunyai darah Batak-Melayu. Ayahnya merupakan keturunan Batak, sedangkan sang ibu merupakan perempuan keturunan Melayu.

Kedatakan UAS dengan agama sudah terlihat sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kala itu, UAS mendapat pendidikan di sekolah yang berlandaskan Tahfiz Al-Quran.

Setelah lulus dari SD al-Washliyah, UAS kemudian melanjutkan sekolah ke MTS Mu’allimin al-Washliyah. Semasa remaja ia juga sempat masuk ke Pesantren Darul Arafah, Deli Serdang, Sumatera Utara selama satu tahun.

UAS lalu pindah ke Riau dan melanjutkan sekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu. Ia mulai menimba ilmu di perguruan tinggi UIN SUSKA Riau selama 2 tahun.

Pada saat usianya 21 tahun, UAS mendapatkan kabar baik. Namanya masuk menjadi salah satu orang Indonesia yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Mesir.

UAS pun berangkat kuliah di Al-Azhar University, Mesir pada 1998. Di sana ia sukses mendapatkan gelar Lc usai berkuliah dalam jangka waktu 3 tahun 10 bulan.

Terus mengejar ilmu, UAS pada tahun 2004 kembali menerima beasiswa. Kali ini ia mendapatkan beasiswa dari Kerajaan Maroko untuk melanjutkan S2 di Daar al-Hadits Al Hassania Institute. 

Beasiswa itu bukan perkara mudah untuk didapat UAS. Bagaimana tidak, institut tersebut hanya menerima 20 murid setiap tahunnya, di mana 15 mahasiswa untuk warga Maroko, dan 5 untuk warga asing. 

Berbekalkan ilmu agama yang cukup, UAS mulai menjadi penceramah agama dan dikenal sebagai ustaz.

Namanya tersohor karena materi ceramahnya yang sering diunggah di YouTubenya. Tidak hanya orang Riau, tapi pelosok Indonesia pun bisa menyimaknya melalui media sosial.

Pria yang selalu menggunakan peci ini mempunyai kajian-kajian tajam dan lugas. Tak sedikit orang mengagumi tausiahnya karena dikemas dengan menarik. Ceramahnya juga dikenal sangat mudah dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat.

Selain berceramah, UAS juga dikenal sebagai sosok akademisi yang cemerlang. Ia menjadi dosen di berbagai Perguruan Tinggi Islam, di mana ia mengajar Bahasa Arab, Tafsir dan Hadits, hingga Agama Islam.

Selain itu, namanya juga tercatat sebagai anggota Komisi Pengkajian dan Keorganisasian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau dan Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Riau.

Biodata Ustadz Abdul Somad

Nama Lengkap: Abdul Somad Batubara

Nama Terkenal: Ustadz Abdul Somad, Lc., M.A

Tempat Tanggal Lahir: Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977

Keturunan: Batak – Melayu

Riwayat Pendidikan:
  • SD al-Washliyah (tamat 1990)
  • Mts Mu’allimin al-Washliyah Medan (tamat 1993)
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu (tamat 1996)
  • S1 Al-Azhar, Mesir
  • S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko (2008)
Riwayat pengabdian Ustads Abdul Somad:
  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa
  • Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  • Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian (2009-2014)
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan (2009-2014)
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau (2009-2014).
Sumber: suara
Foto: Ustaz Abdul Somad/Net
Mendadak UAS Didatangi Rombongan Jenderal Polri Mendadak UAS Didatangi Rombongan Jenderal Polri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar