Breaking News

AS-Inggris Bombardir Yaman dengan Rudal Jelajah Tomahawk Targetkan 12 Lokasi


AmerikaSerikat-Inggris melancarkan serangan ke ibu kota, Sana'a, dan provinsi Hodeida, Sa'ada, dan Dhamar, Jumat malam (12/1/2024).

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN pada hari Jumat bahwa militer AS telah melancarkan serangan terhadap beberapa sasaran di Yaman, dan menambahkan bahwa “serangan tersebut berasal dari jet tempur dan rudal Tomahawk.”

Kantor berita Yaman SABA di Sanaa juga melaporkan bahwa agresi Amerika-Israel-Inggris melancarkan beberapa serangan udara di ibu kota Sanaa dan provinsi Hodeidah, Saada, dan Dhamar.

Koresponden Al Mayadeen melaporkan bahwa Agresi AS-Inggris menargetkan sekitar Bandara Al-Hudaydah dan daerah di Distrik Zabid di wilayah pesisir yang sama di Laut Merah di Yaman Barat.

Koresponden tersebut menambahkan bahwa serangan menargetkan kamp Kahlan, sebelah timur kota Saada, di Yaman utara.

Pentagon telah mengumumkan bahwa agresi AS telah menargetkan 12 lokasi di Yaman dan dilakukan oleh pesawat tempur, rudal jelajah, dan kapal selam.

Politico mengutip seorang pejabat dari Departemen Pertahanan AS yang mengatakan bahwa AS dan Inggris, dengan dukungan dari Australia, Belanda, Bahrain, dan Kanada, melakukan serangan terhadap sasaran di Yaman.

The New York Times di sisi lain melaporkan bahwa Belanda, Australia, Kanada, dan Bahrain memberikan dukungan logistik, intelijen, dan bentuk dukungan lainnya terhadap agresi tersebut.

Sebelumnya, Wakil Kepala Departemen Bimbingan Moral Kementerian Pertahanan Yaman di pemerintahan Sanaa, Brigadir Abdullah ben Amer, menegaskan bahwa ada persiapan yang signifikan untuk menghadapi antisipasi agresi AS-Inggris di Yaman.

Hal ini terjadi di tengah laporan media bahwa AS dan Inggris sedang mempertimbangkan kemungkinan serangan terhadap pasukan Yaman dalam upaya untuk mengekang operasi mereka di Laut Merah dan Laut Arab terhadap kapal-kapal Israel dan tujuan Israel, The Financial Times melaporkan, mengutip sumber informasi.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak diperkirakan akan mengizinkan serangan pada hari Kamis sebagai bagian dari koalisi pimpinan AS dan bahkan mengadakan panggilan darurat kepada kabinetnya pada pukul 19:45. GMT setelah pertemuan Dewan Keamanan Nasional.

Di X, Ben Amer menekankan bahwa "kesiapan telah dilakukan selama beberapa hari" di Sanaa, dan menunjukkan bahwa membuka wilayah udara bagi pesawat tempur AS dan Inggris untuk menyerang Yaman adalah "partisipasi yang jelas dalam serangan tersebut dan keterlibatan langsung dalam agresi tersebut."

Dia juga mendesak warga Yaman untuk mengambil bagian dalam protes pada hari Jumat dan tidak memperhatikan apa yang mulai disebarkan oleh pihak-pihak yang bermusuhan, seperti pembicaraan tentang keruntuhan, kebingungan, dan “kebohongan bodoh dan naif lainnya.”(*)


Sumber: tribunnews
Foto: Agresi Amerika-Inggris melancarkan serangan ke ibu kota, Sana'a, dan provinsi Hodeida, Sa'ada, dan Dhamar, Jumat malam (12/1/2024)/SERAMBINEWS/medsos
AS-Inggris Bombardir Yaman dengan Rudal Jelajah Tomahawk Targetkan 12 Lokasi AS-Inggris Bombardir Yaman dengan Rudal Jelajah Tomahawk Targetkan 12 Lokasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar