Breaking News

Baliho Kaesang Bertebaran di Jakarta Sampai Dikeluhkan, PSI: Biar Dikenal


Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina angkat bicara soal masifnya baliho bergambar Kaesang Pangarep.

Pasalnya baliho bergambar Ketua Umum PSI tersebut banyak dipasang di berbagai sudut kota Jakarta.

Elva menyebut hal ini dilakukan demi mengenalkan sang putra bungsu Presiden Joko Widodo pada masyarakat.

Elva mengatakan, PSI merupakan partai kecil yang bahkan baru satu kali mengikuti Pemilu. Karena itu, langkah awal setelah adanya ketua umum baru adalah melakukan pengenalan ke masyarakat.

"Karena sebetulnya begitu mas Kaesang masuk punya tanggung jawab yang besar juga, kalau di-podcast-nya Mas Kaesang kan ketika di-roasting susah karena dimasukin partai kecil," ujar Elva kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

"Jadi harus meningkatkan elektablitasnya dulu fokus kepada dikenalnya PSI," jelasnya menambahkan.

Meski Kaesang tidak terlibat langsung dalam pemilu sebagai caleg, pihaknya tetap memasifkan pemasangan baliho.

"Sosok ketua umum dan ikon partai saat ini yaa beliau punya tanggung jawab besar untuk menaikkan elektablitas PSI," ucapnya.

Ia sendiri menilai cara ini cukup efektif karena belakangan usai Kaesang bergabung PSI dan balihonya dimasifkan, elektabilitas PSI terus mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah paskah masuknya mas Kaesang survey PSI pelan-pelan merangkak naik," pungkasnya.

Baliho Bertebaran

Diberitakan sebelumnya, Baliho Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep terpantau bertebaran di Jakarta. Hal itu rupanya memicu kritikan pedas dari pegiat media sosial sekaligus loyalis Ganjar Pranowo, Jhon Sitorus.

Melalui akun X atau Twitter @Miduk17, Jhon Sitorus membagikan foto baliho anak bungsu Presiden Jokowi itu yang terpantau ada di sebelah lampu merah. Menurutnya, baliho Kaesang jauh lebih banyak ketimbang capres dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Jhon Sitorus menjelaskan bahwa baliho Ganjar Pranowo jarang ditemukan di ibu kota Indonesia. Ia pun mengkritik baliho Kaesang dipasang sembarangan dan mengganggu keindahan sudut-sudut kota.

"Sangat jarang kita menemukan baliho Ganjar Pranowo di Jakarta. Tapi jangan tanya baliho sang anak bungsu, masih banyak bertebaran di mana-mana," sindir Jhon Sitorus dalam cuitannya pada Kamis (16/11/2023).

Penjabat Gubernur SKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum bisa mengambil tindakan apapun terkait menjamurnya alat peraga kampanye milik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep di Ibu Kota. Ia masih menunggu adanya rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menurut Heru, tindak lanjut atas pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye harus lebih dulu dicek oleh Bawaslu. Pihaknya tak bisa sembarang mengambil tindakan seperti penurunan.

"Gini, bukan Pemprov pengawasan ya. Sejauh itu ada rekomendasi dari Bawaslu iya kita tindaklanjut," ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Jika memang sudah ada rekomendasi Bawaslu yang menentukan alat peraga mana saja yang melanggar, baru nantinya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menindaklanjuti.

"Kalau tidak ada rekomendasi ya (tidak ada tindak lanjut). Kan Bawaslu yang mengawasi," ucapnya.

Sumber: suara
Foto: Baliho PSI menampilkan foto Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. (tangkapan layar/twitter)
Baliho Kaesang Bertebaran di Jakarta Sampai Dikeluhkan, PSI: Biar Dikenal Baliho Kaesang Bertebaran di Jakarta Sampai Dikeluhkan, PSI: Biar Dikenal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar