Breaking News

Connie Bakrie Dulu Bongkar Rahasia Prabowo Utang Rp 1760 Triliun untuk Beli Alutsista dan Harus Habis Tahun 2024


Pengamat pertahanan Connie Rahakundini Bakrie mengkritik keras pemerintah yang berutang sejumlah Rp1760 untuk membeli alutsista.

Menhan Prabowo Subianto yang sekarang menjadi Capres tidak lepas menjadi sorotan Connie Bakrie dalam melontarkan kritikan.

Lantaran anggaran sebesar Rp1760 yang dinilai berasal dari utang tersebut harus habis untuk membeli alutsista sampai tahun 2024.

Hal itu diungkap Connie Bakrie saat diundang dalam podcast yang dipandu Akbar Faizal dan diunggah di kanal YouTube-nya seperti dilihat Kilat.com pada Sabtu, 6 Januari 2024.

“Kita tuh punya anggaran yang harus habis di tahun 2024 pengadaan alutsista, jumlahnya kalau dirupiahkan itu 1760 triliun,” katanya.

Menurut Connie anggaran untuk alutsista tersebut sama besarnya dengan jumlah APBN Indonesia tahun 2013.

Karena itulah membuatnya bertanya-tanya untuk tujuan apa anggaran sebesar Rp1760 triliun digunakan Menhan.

Lebih lanjut, Connie menyayangkan sikap Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang terkesan tidak peduli dengan kejadian Nanggala.

“Dia bicara ‘saya baru menghadap presiden dan sedang menyiapkan masterplan’, yang kemudian saya kritik dong itu namanya bukan masterplan kalau masterplan itu shopping list,” jelasnya.

Usut punya usut, anggaran Rp1760 triliun itu ternyata muncul dari dokumen perencanaan bernama Renstra khusus 2020-2024.

“Saya kaget karena pasal-pasal itu membuat dengan detil angka-angka, pasal 1-nya pasal 2-nya pasal 3-nya di halaman 5, pokoknya detil,” ujar Connie Bakrie.

Dalam podcast tersebut ditampilkan dokumen Renstra yang memuat sejumlah poin mencakup akuisisi Alpanhankam senilai miliaran dolar, pembayaran bunga, serta dana kontijensi, perawatan dan pemeliharaan.

Connie Bakrie mengakui bingung dengan judul dokumen tersebut yang didapat dari airpapers namun berisi angka yang detil.

“Pertanyaan saya sederhana aja ini anggaran pertahanan sebesar 1760 triliun dalam tiga tahun kita mau beli apa, mau perang kemana, alutsista apa yang mau kita bikin,” ungkapnya.

“Harusnya tuh begini pengadaan alat ragam pertanyaan keamanan atau alat utama sistem senjata itu harusnya bottom-up,” tandasnya.

Sumber: kilat
Foto: Connie Bakrie kritik Prabowo Subianto soal alutsista. (Kolase Instagram @prabowo dan @connierahakundinibakrie)
Connie Bakrie Dulu Bongkar Rahasia Prabowo Utang Rp 1760 Triliun untuk Beli Alutsista dan Harus Habis Tahun 2024 Connie Bakrie Dulu Bongkar Rahasia Prabowo Utang Rp 1760 Triliun untuk Beli Alutsista dan Harus Habis Tahun 2024 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar