Breaking News

Disebut-sebut Gibran di Debat Keempat, Ini Profil Mantan Menteri Investasi RI Tom Lembong


Nama Thomas Lembong atau Tom Lembong, disebutkan kurang lebih 4 kali oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu (21/1) malam.
 
Gibran menyebut nama Thomas Lembong saat memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Salah satunya, ketika Cak Imin tidak paham soal Lithium ferrophosphate (LFP). Padahal, menurut Gibran, LFP sering digembar-gemborkan oleh Thomas Lembong selaku Co-Captain Timnas AMIN .
 
“Ini agak aneh ya, yang sering ngomongin LFP itu adalah timsesnya, tapi cawapresnya enggak paham, LFP itu apa. kan aneh," kata Gibran dalam Debat Cawapres Keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).
 
Lantas, siapa itu Tom Lembong yang disebut-sebut Gibran dalam debat cawapres keempat?
 
Thomas Lembong merupakan Co Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN). Pria kelahiran 4 Maret 1971 ini merupakan mantan Menteri Perdagangan di Kabinet Kerja sejak 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016 pada periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo.
 
Kemudian, ia menempati posisi sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 27 Juli 2016 hingga 23 Oktober 2019. Anak dari pasangan Yohanes Lembong (Ong Joe Gie) dan Yetty Lembong ini dikenal sebagai pengusaha sekaligus ekonom senior di Indonesia.
 
Tak hanya sebagai menteri dan juga ekonom senior, Thomas juga dikenal sebagai sosok yang berada dibalik naskah-naskah teks pidato Joko Widodo sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga masa jabatan pertama sebagai Presiden Indonesia. 
 
Salah satu pidato yang ditulis oleh Tom untuk Jokowi sekaligus menjadi yang paling dikenal bertema “Game of Thrones” saat pertemuan IMF Bank Dunia 2018 dan “Thanos” di Forum Ekonomi Dunia. Kedua pidato tersebut juga viral pada saat itu.
 
Thomas Lembong merupakan lulusan dari Harvard University pada 1994. Ia juga sempat terpilih menjadi Young Global Leader (YGL) oleh World Economic Forum (WEF) pada 2008 lalu. Tahun 2021, kemudian Tom Lembong ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Komisaris Utama PT Jaya Ancol.

Sumber: jawapos
Foto: Mantan Menteri Investasi Tom Lembong. (Istimewa)
Disebut-sebut Gibran di Debat Keempat, Ini Profil Mantan Menteri Investasi RI Tom Lembong Disebut-sebut Gibran di Debat Keempat, Ini Profil Mantan Menteri Investasi RI Tom Lembong Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar