Breaking News

Ijazah Gibran Diungkit Lagi, Benarkah Dapat Nilai IPK 2,3?


Kembali viral kabar tentang ijazah calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Netizen kembali membahas tentang ijazah Gibran hingga menjadi trending topic di media sosial, terutama X.

Hal yang menjadi sorotan warganet adalah ijazah Gibran setelah lulus dari University of Bradford di Inggris.

Masuk dalam daftar trending, ijazah Gibran itu diunggah oleh salah satu akun X bernama @BangBudiKur pada Senin, 22 Januari 2024 malam. Menurutnya, nilai yang Wali Kota Surakarta itu dapat setara dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) senilai 2.3 di Indonesia.

“Gibran itu lulus S1 dapat nilai lower second class honours (setara 48). Untuk nilai segitu, daftar kuliah master aja susah diterima. Itu setara IPK 2.3 kalau sistem Indonesia.” Tulis @BangBudiKur.

Tampak dalam foto ijazah itu, anak sulung Presiden Joko Widodo itu mendapat gelar Bachelor of Science of Marketing. Predikat atau award atau nilai yang Gibran dapat yakni Second Class Honours Second Division.

Pada postingan selanjutnya, pemilik akun @BangBudiKur membagikan panduan nilai di University of Bradford.

IPK Gibran

Dalam panduan tersebut tertulis, nilai yang diperoleh lulusan dengan nilai Second Class Honours – Second Division sebesar 48 persen. Apabila dikonversi ke nilai Indonesia, nilai tersebut setara dengan IPK 2,60- 2,79.

Bahkan warganet menyebut IPK kelulusan Gibran hanya setara dengan nilai 2.3 jika sudah terkonversi ke nilai Indonesia. Pemilik akun @BangBudiKur yang merupakan pengajar Ilmu Politik asal Indonesia di Amerika Serikat menyebut nilai tersebut sulit untuk meneruskan kuliah ke jenjang selanjutnya.

Melihat hal tersebut, warganet memberikan komentar mereka. Hal ini karena nilai tersebut tidak dapat mengantarkan seseorang untuk kerja di sebuah perusahaan, mengingat nilai IPK minimal untuk melamar di perusahaan besar yakni 3.0.

“IPK 2,3 nyari kerja aja uda ga ada lowongannya,” ujar @indo***.

“Ini bener IPK nya setara 2.3? Bu Susi jangan sampe tau, takut ia suruh banyak makan ikan,” kata @beb***.

Sebagai informasi, dalam biografi yang beredar di kalangan masyarakat, Gibran mengemban pendidikan di luar negeri sejak SMA tahun 2002 lalu. Ia bersekolah di Orchid Park Secondary School, Singapura. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini kemudian melanjutkan pendidikan ke Management Development Institute of Singapore (MDIS) dengan gelar Bachelor of Science tahun 2007.

Tak berselang lama, Gibran melanjutkan studi dengan menempuh program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch) Sydney, Australia dan lulus pada 2010 silam.(*)

Sumber: berita
Foto: Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres. (YouTube/KPU RI)
Ijazah Gibran Diungkit Lagi, Benarkah Dapat Nilai IPK 2,3? Ijazah Gibran Diungkit Lagi, Benarkah Dapat Nilai IPK 2,3? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar