Breaking News

Lukisan Monalisa Disiram Cairan Sup Merah oleh Aktivis Prancis, Berikut Kronologinya


Dua orang aktivis perubahan iklim melakukan aksi vandalisme dengan melempar sup merah ke lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci di Museum Louvre, Paris, Prancis pada Minggu (28/1). Beruntung cairan sup tersebut tak mengenai lukisan yang telah dipasangi kaca pelindung.

Sebuah rekaman video dilansir dari WBNS News pada Senin (29/1), menunjukkan bahwa dua perempuan melemparkan sup merah ke karya agung milik Leonardo da Vinci yang membuat para pengunjung museum merekam kejadian tersebut.

"Mana yang lebih penting? Seni atau hak untuk memiliki sistem pangan yang sehat dan berkelanjutan?" teriak para aktivis tersebut berbicara dalam bahasa Prancis.

Mereka merunduk di bawah penghalang keamanan untuk bisa sedekat mungkin dengan lukisan itu dan kemudian dibawa pergi oleh penjaga keamanan Museum Louvre.

Para aktivis itu mewakili organisasi Prancis Riposte Alimentaire yang mengeluarkan penyataan protes dan bertujuan untuk menyoroti perlunya melindungi lingkungan dan sumber makanan di Prancis. Dalam beberapa tahun terakhir dikutip dari CBS News, banyak aktivis yang menargetkan karya seni terkenal dunia untuk meningkatkan kesadaran mengenai perubahan iklim.

Kaca pelindung lukisan Monalisa juga pernah disiram krim dalam aksi protes pada Mei 2022.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan melemparkan sup ke lukisan Bunga Matahari karya Vincent van Gogh di Galeri Nasional London pada Oktober 2022. Pada bulan berikutnya, para aktivis menempelkan diri mereka pada lukisan karya Goya di Museum Prado di Madrid, Spanyol.

Sumber: jawapos
Foto: Lukisan karya Leonardo da Vinci disiram oleh para aktivis untuk lancarkan aksi protes terkait lingkungan hidup. (CBS News)
Lukisan Monalisa Disiram Cairan Sup Merah oleh Aktivis Prancis, Berikut Kronologinya Lukisan Monalisa Disiram Cairan Sup Merah oleh Aktivis Prancis, Berikut Kronologinya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar