Breaking News

Anies Desak KPU Serius Tanggapi Kecurangan Pemilu: Kita Ingin Kualitas Demokrasi Lebih Baik


Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mendesak Komisi Pemilihan Umum atau KPU perlu tegas dan serius menindaklanjuti setiap adanya laporan indikasi kecurangan dalam Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Anies menanggapi kabar bahwa KPU seperti kurang serius menangani kesalahan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Perlu serius, KPU harus menghormati semua laporan karena kita ingin kualitas demokrasi lebih baik," kata Anies ditemui di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2024).

Ia mengatakan, adanya Pemilu yang bersih dan jujur adalah indikasi demokrasi berjalan dengan baik. Untuk itu, kata dia, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 masih terdapat kekurangan perlu ditindaklanjuti.

"Salah satu indikasi demokrasi baik itu pemilu yang bersih, kemudian jujur, ya kalau ada kekurangan-kekurangan harus ditindaklanjuti," tuturnya.

Menurutnya, setiap suara rakyat harus bisa dipastikan terhitung semua dan tersalurkan.

"Harus dilakukan langkah-langkah untuk memastikan setiap suara rakyat itu terhitung dan semua aspirasi sesuai dikalkulasi ya," ujarnya.

Sementara di sisi lain, Anies menegaskan, soal indikasi kecurangan bukan hanya tim kampanyenya yang diimbau mengumpulkan bukti, tapi juga jadi imbauan kepada semua pihak.

"Jadi gini, semua saat ini melakukan pengumpulan, dan itu juga anjuran kita kepada semua untuk mengumpulkan semua data-data fakta-fakta yang kemudian kita akan lihat pemanfatannya seperti apa," katanya.

Untuk diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi KPU pada Real Count, Sabtu (17/2/2024) per jam 14.56 WIB sudah 65,21 persen atau 536.841 suara dari TPS yang terhitung, dari total 823.236 TPS.

Hasilnya, Prabowo-Gibran memeroleh 47.752.015 suara atau 57,53 persen disusul pasangan Anies-Mahfud 20.417.414 suara atau 24,6 persen dan terakhir Ganjar-Mahfud mendapat 14.834.594 suara atau 17,87 persen.

Dengan demikian, Prabowo-Gibran unggul sementara dalam hasil perhitungan Real Count KPU.

Sumber: suara
Foto: Capres Anies Baswedan. [Suara.com/Bagaskara]
Anies Desak KPU Serius Tanggapi Kecurangan Pemilu: Kita Ingin Kualitas Demokrasi Lebih Baik Anies Desak KPU Serius Tanggapi Kecurangan Pemilu: Kita Ingin Kualitas Demokrasi Lebih Baik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar