Breaking News

Beras Kini Mahal, Jokowi Janji Harga Beras Bakal Turun Dua Minggu Lagi


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga beras akan turun dalam dua minggu ke depan. Hal ini sejalan dengan kabar panen raya beras yang akan berlangsung pada Maret 2024. Bahkan, Jokowi memastikan bahwa harga beras akan makin turun ketika Indonesia kembali mengalami panen raya lagi.

"Saya kira seminggu atau dua minggu ini beras akan sedikit turun, sambil nunggu panen raya lagi. Kalau panen rayanya datang lagi, pasti juga beras akan turun," kata Jokowi usai melakukan sidak di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Kamis (15/2).

Jokowi juga menjelaskan bahwa kenaikan harga beras yang terjadi di sejumlah wilayah disebabkan karena masalah suplai. Mulai dari hasil panen yang belum masuk pasar hingga distribusi beras yang terhambat banjir.

"Masalah suplai, karena memang panennya belum masuk. Dari yang produksi panen belum masuk pasar. Distribusinya juga terganggu di urusan banjir di Demak, Grobogan itu juga mempengaruhi," jelas Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengklaim terkait permasalahan beras ini sudah diselesaikan oleh negara melalui stok beras yang ada di Perum Bulog. Menurutnya, sejak harga beras mulai melambung tinggi dan langka di sejumlah ritel dan pasar, BULOG sudah bergerak dengan mengguyur pasokannya ke daerah dan juga Pasar Induk Beras Cipinang.

"Tapi, saya kira sudah diselesaikan lewat pengiriman dari Bulog ke daerah, Bulog ke pasar induk cipinang," ujarnya.

Diketahui, harga beras premium di PIBC saat ini tembus Rp 18.000 per kilogram. Harga ini terpantau naik berbanding lurus dengan kenaikan harga gabah dan beras ditingkat petani. Khusus untuk beras premiun, saat ini sudah tembus Rp 16 ribu per kilogram di tingkat petani.

Mengutip laman resmi PIBC, per tanggal 12 Februari 2024, harga beras premium Cianjur Kepala naik menjadi Rp 18.500/Kg dari sebelumnya Rp 18.414/kg. Beras Premium Cianjur Slyp naik menjadi Rp 16.922/kg dari sebelumnya Rp 18.811/kg. Lalu, beras premium setra Rp 15.857/Kg dari sebelumnya Rp 15.743/kg dan beras premium IR 42 (Pera) naik Rp 15.523/kg dari sebelumnya Rp 15/492.

Sumber: jawapos
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga beras akan turun dalam dua minggu ke depan. (Bapanas)
Beras Kini Mahal, Jokowi Janji Harga Beras Bakal Turun Dua Minggu Lagi Beras Kini Mahal, Jokowi Janji Harga Beras Bakal Turun Dua Minggu Lagi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar