Breaking News

Laman Cek DPT Online Janggal, Tulis Nomor Kembar Sejumlah 16 Angka NIK Munculkan Kartu Pemilih


Publik dihebohkan dengan akses cek DPT pemilu daring melalui https://cekdptonline.kpu.go.id/ terdapat kejanggalan. Calon pemilih yang memasukkan NIK dengan sembarang angka, justru terdaftar sebagai pemilih. 
 
Simulasi yang dilakukan JawaPos.com, pada Rabu (14/2), sekitar pukul 10.30 WIB, 
dengan memasukkan angka 8 sebanyak 16 kali, terdaftar dengan nama tertentu, bahkan lengkap dengan lokasi TPS tempat pencoblosan.
 
Dalam cek DPT online itu muncul pemilih bernama Tumisah, yang beralamat di Kabupaten Tebo, Kecamatan Rimbo Bujang, Kelurahan Sapta Mulia, dengan alamat TPS di Jalan Kuao RT 12.
 
Kondisi kejanggalan tersebut memancing riuh percakapan di media sosial, khususnya platform X atau yang dulu dikenal dengan Twitter. Dalam banyak utas, netizen melaporkan bahwa angka sembarang yang diinput dalam laman cek DPT pemilu daring memunculkan nama-nama tertentu, lengkap dengan lokasi pencoblosan.
 
Pengguna akun media sosial X, Jhon Sitorus menyinggung kejanggalan cek DPT online tersebut.
 
"Coba ketik angka 3 sebanyak 16 kali di Situs KPU Cek DPT Online. Hasilnya ada, nomor DPTnya ada, alamatnya ada Coba ketik angka 4 dan 8 lagi, maka akan keluar nama lain juga. Apakah memang ada WNI dengan nomor KTP dengan angka yg sama 16 digit?," cuit John.
 
"Padahal kan nomor KTP itu ada kode wilayah, tgl lahir, tahun lahir, kode jenis kelamin, ga boleh sama angkanya Apakah ini SETTINGAN? Apakah KTP warga Kutai Kartanegara memang beda sendiri dari ktp wilayah lain? Silahkan teman2 yang menilai," sambungnya.
 
Hal serupa juga diutarakan pemilik akun X Urwah. Ia mengaku memasukkan anak 7 sebanyak 16 kali, lalu muncul DPT nama lain.
 
"Cek DPT online, masukin NIK angka 7 sebanyak 16 kali, eh ada dong DPT-nya, emang ada NIK sengaco itu? Lalu coba di angka lain, dan ada yg hasil DPT-nya di TPS yg sama. Yg seperti inilah celah² untuk kecurangan. Lā haula wa lā quwwata illā billāh," pungkasnya.

Sumber: jawapos
Foto: Tangkapan Layar DPT Online/Cek DPT Online (kpu.go.id)
Laman Cek DPT Online Janggal, Tulis Nomor Kembar Sejumlah 16 Angka NIK Munculkan Kartu Pemilih Laman Cek DPT Online Janggal, Tulis Nomor Kembar Sejumlah 16 Angka NIK Munculkan Kartu Pemilih Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar