Breaking News

Marak Seruan Protes ke Jokowi, Kalangan Civitas Akademika Diminta Lebih Tempuh Jalur Ini


Direktur Eksekutif Rumah Pilar Kemajuan, Robbi Syahrir turut soal maraknya seruan sejumlah civitas akademika di sejumlah kampus ternama bisa menggangu stabilitas politik jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurutnya, narasi yang digaungkan kalangan civitas akademika itu bisa memicu konflik horizontal sehingga berpotensi mengganggu momen pesta demokrasi lima tahunan ini. Bahkan, dia pun khawatirkan terjadi polarisasi di masyarakat seperti pada Pilpres 2019 lalu. 

"Kami menilai bahwa apa yang dilakukan dan dinarasikan oleh para civitas akademika dari berbagai kampus melalui konfrensi pers akhir-akhir ini berpotensi memicu konflik horizontal dan memperkeruh suasana menjelang Pemilu serta telah mencederai khidmat berdemokrasi," katanya dikutip pada Rabu (7/2/2024).

Terkait mencuatnya seruan protes yang kian masif itu, dia meminta agar kalangan akademisi tersebut lebih menempuh jalur yang konstitusional jika mencurigai ada indikasi penyalahgunaan kekekuasan di pemerintahan Presiden Jokowi dalam pelaksanaan pemilu.

"Sebagai akademisi mereka harusnya menjadi teladan, jadi jika ada pelanggaran terhadap penyalahgunaan kekuasaan silakan melalui jalur-jalur yang konstitusional," katanya.

Guna meminimalisir potensi gangguan di masyarakat, dia pun meminta agar aparat kepolisian turun tangan mengawal pelaksanaan

"Saya juga mengimbau agar Polri yang selama ini menjadi salah satu instrumen penting untuk menjaga stabilitas keamanan nasional agar mengawal ini lebih ketat. Dan bagi kita semua, mari kita sama-sama bijak dalam menanggapi isu-isu yang beredar di tengah masyarakat dan mari kita proses demokrasi agar berjalan dengan lancar, aman dan tertib," katanya.

Diketahui, sejumlah civitas akademika di sejumlah kampus ternama belakangan melayangkan pernyataan sikapnya menanggapi situasi politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya digelar civitas akademika Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Setidaknya ada 10 poin diserukan dalam aksi bertajuk "Deklarasi Rawamangun" yang diikuti guru besar, dosen hingga mahasiswa yang digelar di Plaza UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa kemarin.  

Sumber: suara
Foto: Civitas akademika Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membacakan "Deklarasi Rawamangun" untuk pemilu bersih dan damai di Plaza UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (6/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
Marak Seruan Protes ke Jokowi, Kalangan Civitas Akademika Diminta Lebih Tempuh Jalur Ini Marak Seruan Protes ke Jokowi, Kalangan Civitas Akademika Diminta Lebih Tempuh Jalur Ini Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar