Breaking News

Tebuireng Tegaskan Netral di Pilpres 2024, Cak Imin: Gara-gara Arek Iku Meneh


Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Abdul Hakim Machfudz menyampaikan sikapnya yang menegaskan jika pondok pesantren asuhannya netral dalam kontestasi Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan Abdul merespons kabar yang menyebut Ponpes Tebuireng mendeklarasikan dukungan terhadap salah satu paslon di Pilpres 2024. Sikap ini ternyata menyulut calon wakil presiden atau cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Di akun media sosialnya, Cawapres nomor urut 1 ini bersyukur pada sikap tersebut. Dia pun menuliskan dengan sikapnya menyatakan rasa syukurnya.

"Syukur alhamdulillah, Ini gara-gara arek iku meneh (gara-gara orang itu lagi).." tulis Cak Imin di media sosialnya tampa menyebutkan sosok yang ditujunya.

Ketum PKB ini tidak luput mengunggah surat pengumuman yang menjadi pengumuman resmi dari pesantren Tebuireng tersebut.

Meski dalam surat edaran Tebuireng menegaskan tidak juga mendukung AMIN, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Cuitan Cak Imin langsung mengundang respon netizen terutama pengikutnya yang mempertanyakan siapa sosok yang dimaksud.
"arek sopo gusss wkwkw," tanya netizen.

Surat Pernyataan Pesantren Tebuireng

Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Kontestasi Pilpres 2024 dalam rangka menjaga persatuan dan semangat ukhuwah," kata Abdul dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2).

Ia menjelaskan kegiatan deklarasi dukungan dalam acara 'Mudzakarah Indonesia Maju' yang tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng. Abdul mengatakan deklarasi itu merupakan merupakan sikap personal.

Abdul menegaskan Ponpes Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis atau mendeklarasikan dukungan terhadap salah satu calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Ia pun tetap menghormati dan menerima setiap tamu yang hadir ke Ponpes Tebuireng. "Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahmi sesuai dengan tuntunan ajaran Islam," ujarnya.

Sumber: suara
Foto: 
Tebuireng Tegaskan Netral di Pilpres 2024, Cak Imin: Gara-gara Arek Iku Meneh Tebuireng Tegaskan Netral di Pilpres 2024, Cak Imin: Gara-gara Arek Iku Meneh Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar