Breaking News

Ternyata Begini Asal-usul dan Arti Nama Komeng, Kini Jadi Calon DPD RI Hits di Jawa Barat


Komeng ikut memeriahkan Pemilu 2024 dengan maju sebagai calon DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI daerah pemilihan Jawa Barat. Sosok Komeng pun langsung hits usai fotonya di surat suara viral di media sosial.

Alih-alih serius layaknya kebanyakan calon DPD RI, Komeng justru berpose nyeleneh di surat suara. Hal itu berhasil menjadi daya tarik yang membuat Komeng mendapatkan banyak suara dan unggul dibanding calon DPD lainnya.

Seiring dengan kehebohan ini, serba-serbi tentang sosok Komeng ikut menuai perhatian. Termasuk soal asal-usul dan arti nama Komeng yang digunakan olehnya selama berkarier sebagai pelawak.

Komeng sendiri diketahui sudah beberapa kali membahas soal asal-usul namanya dalam berbagai kesempatan. Salah satunya saat menjadi bintang tamu podcast YouTube Gofar Hilman pada tahun 2020 lalu. Seperti apa? Simak berikut ini.

Asal-usul Nama Komeng

Untuk diketahui, nama asli Komeng adalah Alfiansyah Bustami. Tapi ketika hendak maju sebagai caleg, dia mengganti namanya menjadi Alfiansyah Komeng.

Ketika berbincang dengan Gofar Hilman, Komeng diminta menjelaskan asal-usul nama panggungnya. Rupanya nama Komeng dipilih karena dinilai cocok untuk dirinya berkarier sebagai pelawak.

"Awal mula dipanggil Komeng, kan namanya Alfiansyah nih, dipanggilnya Komeng," tutur Gofar Hilman, dikutip dari YouTube pada Jumat (16/2/2024).

"Apa ya, nama saya Alfiansyah Bustami, enggak mungkin dong ngelawak, 'Al, Al'. Kan kayaknya enggak enak. Jadi yang bagus dicari yang jelek kalau komedi. Sebenernya itu nama enggak jelek sih. Ada orang nama bagus dicari kebarat-baratan. Nah kalau komedi sebaliknya," jelas Komeng.

Arti Nama Komeng

Masih dalam podcast yang sama, Komeng juga menjelaskan arti namanya berdasarkan apa yang dia tahu. Nama Komeng rupanya memiliki makna yang berbeda dalam bahasa Jawa dan Betawi.

"Komeng itu kalau kata Jawa mungkin koming, gulung-gulung koming. Nangis enggak berhenti, kalau bukan keinginan dia," kata Komeng menjelaskan makna nama panggungnya.

"Kalau Betawi, komeng itu orang yang enggak bisa diatur, ah enggak tahulah," tandasnya.

Nah itu dia sedikit uraian tentang asal-usul dan makna nama Komeng. Bagaimana pendapatmu?

Sumber: suara
Foto: Komeng di lapangan Madya, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018). [Ismail/Suara.com]
Ternyata Begini Asal-usul dan Arti Nama Komeng, Kini Jadi Calon DPD RI Hits di Jawa Barat Ternyata Begini Asal-usul dan Arti Nama Komeng, Kini Jadi Calon DPD RI Hits di Jawa Barat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar