Breaking News

Bermula dari Baju Adat Ageman Songkok Singkepan Agung, Analis Meyakini Jokowi Merasa Jadi Raja


Pakar politik senior, Ikrar Nusa Bhakti, menilai jika Presiden Joko Widodo atau Jokowi mempersonifikasikan dirinya sebagai seorang raja.

Ia mengaku sudah membaca tanda-tanda mengenai hal tersebut.

Awalnya Ikrar menyinggung aksi Presiden Jokowi memakai baju adat daerah setiap kali upacara 17 Agustus di Istana. Namun, ia tak menyadari jika beberapa pakaian daerah yang dipakai Jokowi menggambarkan sebuah kebesaran.

"Tetapi kemudian saya juga tidak menyadari bahwa di antara pakaian-pakaian yang dia pakai itu adalah pakaian-pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah dan juga dari tanah Jawa yang ternyata itu melambangkan pakaian kebesaran misalnya seorang petinggi kerajaan pada masa lalu," kata Ikrar dalam diskusi daring 'Sing Waras Sing Menang', Sabtu (16/3/2024).

Pengamat politik LIPI, Ikrar Nusa Bakti. (suara.com/Doddy Rosadi)

Selain itu, Ikrar juga merasa kaget ketika Jokowi menggelar perayaan pernikahan putranya Kaesang Pangarep justru menggunakan keraton mangkunegara.

"Jadi saya melihat wah ini lama-lama waduh ternyata kayak begini ya," tuturnya.

Dari situ lah, Ikrar merasa Jokowi semakin mempersonifikasikan dirinya sebagai seorang raja. Terlebih ketika Jokowi mendorong putranya yakni Gibran Rakabuming Raka maju di Pilpres 2024.

"Saya cuma dalam hati saja, apakah Jokowi ini akan mempersonifikasikan dirinya itu sebagai raja? dan kemudian menjadikan anak-anaknya ini juga sebuah dinasti," ujarnya.

"Dan itu saya terus terang, baru sadar pada Oktober ketika ribut-ribut mengenai keinginan agar sang anak tertuanya itu menjadi calon wakil presiden melalui mk itu, itu baru kemudian bener-bener hebat dilakukan," sambungnya.

Sumber: suara
Foto: Ini Baju Adat Jokowi Di Upacara HUT ke-78 RI, Biasa Dipakai Para Raja. (Suara.com/Ria Rizki)
Bermula dari Baju Adat Ageman Songkok Singkepan Agung, Analis Meyakini Jokowi Merasa Jadi Raja Bermula dari Baju Adat Ageman Songkok Singkepan Agung, Analis Meyakini Jokowi Merasa Jadi Raja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar