Breaking News

Dari Hindu Menjadi Mualaf: Ini Kisah Inspiratif Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri


Beragam cerita muncul dalam perjalanan spiritual seseorang yang memutuskan memeluk agama Islam atau mualaf. Cerita itu salah satunya datang dari Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri.

Jenderal polisi berpangkat bintang dua itu jadi perbincangan masyarakat usai memeluk agama Islam setelah sebelumnya beragama Hindu.

Tentu saja, keputusan untuk memeluk Islam bukanlah hal yang mudah bagi seseorang dengan latar belakang agama yang berbeda.

Dalam sebuah konfrensi pers, Namun, bagi Mathius, ini adalah keputusan yang diambil setelah proses pemikiran yang panjang dan matang.

Lulusan Akpol 1990 itu menjelaskan, bahwa perjalanan spiritual ini melalui pembelajaran dan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama Islam.

Ini mencerminkan keteguhan hati dan keinginan untuk menemukan kebenaran serta kedamaian dalam spiritualitasnya.

Perubahan keyakinan ini juga mencerminkan kedewasaan dan keterbukaan Irjen Mathius dalam menjalani kehidupan.

Dalam konteks tugasnya sebagai seorang Kapolda, ini juga menjadi contoh kepemimpinan yang kuat dan inspiratif bagi bawahannya, serta masyarakat Papua secara luas.

Dikutip dari tayangan YouTube DUNIA MUALLAF II, Mathius D Fakhiri yang lahir pada 6 Januari 1968 merupakan lulusan terbaik Akpol 1990.

Mengawali kariernya ia diangkat sebagai Pamapta Polresta Banjarmasin, Polda Kalimantan Selatan (1990), Wakapolsek Banjarmasin Timur Polresta Banjarmasin (1992), Danton 3/2/B Sat Brimob Polda Kalsel (1994), Wadanki 1/B Sat Brimob Polda Kalsel (1995), dan Danki 1/A Sat Brimob Polda Kalsel (1995).

Karirnya semakin moncer kemudian menjabat Kapolres Kaimana Polda Papua Barat (2005), Wakasat Brimob Polda Papua (2007), Kapolres Jayapura (2009), dan Wadirpamobvit Polda Kalsel (2011).

Selanjutnya ia diangkat menjadi Kasat Brimob Polda Papua pada tahun 2014. Pada tahun 2018, menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Berikutnya, Irjen Mathius pun promosi lagi menjadi Wakapolda Papua Barat. Tak lama kemudian Mathius dimutasi lagi menjadi Wakapolda Papua. Tak lama berselang, tepatnya tahun 2021, Mathius Fakhiri diangkat sebagai Kapolda Papua hingga saat ini.

Sumber: suara
Foto: Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri. [ANTARA/Evarukdijati]
Dari Hindu Menjadi Mualaf: Ini Kisah Inspiratif Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri Dari Hindu Menjadi Mualaf: Ini Kisah Inspiratif Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar